Perubahan Besar Lewat Sentuhan Dekorasi Ringan

Ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan tampilan ruangan di rumah Anda tanpa harus menghabiskan banyak biaya dan waktu khusus. Simak

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 11 Okt 2016, 07:15 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2016, 07:15 WIB
20161011-Sentuhan kecil untuk perubahan besar
Ada banyak cara sederhana untuk meningkatkan tampilan ruangan di rumah Anda tanpa harus menghabiskan banyak biaya dan waktu khusus.

Liputan6.com, Jakarta Terkadang sebuah ruangan di rumah membutuhkan sedikit sentuhan dekorasi agar penampilannya terlihat lebih segar. Dan sebenarnya ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan tampilannya tanpa harus menghabiskan banyak biaya dan waktu khusus.

Mau mencoba? Ikuti saja tips dari Rumah.com berikut ini yang dijamin dapat membuat tampilan ruangan di rumah Anda jadi terlihat baru.

1. Lihat kembali tampilan ruangan secara keseluruhan

Untuk meningkatkan tampilan sebuah ruang dan untuk mengetahui apakah semua susunan perabotannya sudah terlihat benar, Anda harus memiliki penilaian yang realistis.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengambil kamera dan memoto ruangan tersebut. Kemudian nilai gambar secara keseluruhan apakah semuanya sudah sesuai dengan yang Anda harapkan.

Melalui gambar tersebut Anda bisa memutuskan barang apa saja yang harus disimpan, disingkirkan, atau perlu ditambah. Pikirkan pertanyaan-pertanyaan seperti :

  • Apakah warna di ruangan ini sudah seimbang?
  • Apakah ada bagian di ruangan tersebut yang terlalu dipenuhi oleh barang-barang?
  • Apakah ruang tersebut sudah mempunyai sebuah focal point atau pusat perhatian?
  • Apakah warna-warna di ruangan tersebut terlalu mencolok?

Jika ada sesuatu yang tidak terasa benar, percayakan dengan penilaian mata Anda dan fokus untuk membuat perubahan di area tersebut. Jangan ragu untuk menunjukkan foto tersebut ke orang lain untuk meminta penilaian, gunakan saran dari mereka bila sesuai dengan penilaian pribadi Anda.

2. Singkirkan beberapa barang

Cara lain yang efektif untuk mengubah ruangan di rumah adalah menyingkirkan beberapa benda atau perabotan. Anda tidak bisa memiliki ruangan yang nyaman untuk dipandang bila dipenuhi oleh benda-benda yang kurang berguna di ruangan tersebut.

Jangan tenggelamkan barang-barang yang sebenarnya indah dengan perabotan yang tidak berguna. Sebuah focal point yang cantik tidak akan terlihat bila ruangan tersebut terlalu ramai. Jadi yang Anda butuhkan adalah kamera dan juga tempat sampah untuk membuang barang-barang tersebut.

3. Penataan yang simetris

Ruangan di rumah akan tampak lebih teratur jika barang-barang diatur secara simetris.

Ketika Anda sudah mengurangi barang-barang di rumah, maka sekarang saatnya untuk mengatur perabotan dalam susunan yang simetris. Untuk mudahnya Anda bisa meletakkan meja kecil atau sebuah kaca di antara dua kursi.

Atau bisa juga sebaliknya, meletakkan dua meja di antara sofa. Ruangan di rumah akan tampak lebih teratur jika barang-barang diatur secara simetris.

4. Sesuaikan letak focal point

Beberapa benda yang bisa dijadikan focal point seperti sebuah lukisan, cermin besar, atau bisa juga jendela rumah yang memiliki pemandangan keluar.

Setelah meletakkan perabotan secara simetris, tambahkan di bagian tengah perabotan sebuah focal point untuk menjadi pusat perhatian di ruangan tersebut.

Beberapa benda yang bisa dijadikan focal point seperti sebuah lukisan, cermin besar, atau bisa juga jendela rumah yang memiliki pemandangan keluar. Jadikan benda ini menjadi perhatian utama yang tertuju ketika tamu atau anggota keluarga masuk ke dalam rumah.

5. Tambahkan area putih

Anda bisa melakukannya dengan mengecat salah satu dinding di rumah dengan warna putih.

Memberikan sentuhan yang kontras selalu dapat membuat perubahan dalam sebuah ruangan. Sediakan sebuah area berwarna putih untuk mengistirahatkan mata.

Anda bisa melakukannya dengan mengecat salah satu dinding di rumah dengan warna putih, atau menambahkan perabotan berwarna putih seperti lemari atau kursi putih.

Foto: Bhg.com, Pixabay

Mita Agustina

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya