Lambai, Makanan Berbuka Khas Aceh dari 44 Dedaunan

Kini Lambai sudah sulit ditemukan, tergerus dengan jajanan modern dan sulitnya menemukan dedaunan sebagai bahan pokoknya.

oleh Windy Phagta diperbarui 28 Jun 2015, 12:31 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2015, 12:31 WIB
Lambai, Racikan 44 Daun Jajanan Berbuka Khas Aceh
Kini Lambai sudah sulit ditemukan, terngerus dengan jajanan moderen, dan sulitnya menemukan dedaunan sebagai bahan pokoknya.

Liputan6.com, Banda Aceh - Kekayaan Aceh akan rempah-rempah dan alamnya turut mempengaruhi makanan tradisional khas Aceh. Lambai, lalapan khas Aceh saat bulan Ramadan ini misalnya. Lambai diracik dari 44 jenis dedaunan.

Namun kini Lambai sudah sulit ditemukan, tergerus dengan jajanan modern dan sulitnya menemukan dedaunan sebagai bahan pokoknya.

"Ini ada bahannya yang sudah kami pesan sebelum puasa kemarin, itupun adanya di kampong-kampong (desa)," ujar Mala (53), salah satu pedagang Lambai di Banda Aceh.

Lambai, Makanan khas Aceh

Bagi masyarakat Aceh, Lambai dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan, karena terbuat dari bahan alami. Kini, karena sulit menemukan bahan bakunya, Lambai hanya dibuat saat bulan puasa dan hari-hari penting saja.

"Kalau hari biasa susah yang beli, ini pun yang beli orang-orang tua, ada satu dua orang anak muda (yang membeli), mungkin dia kepengen sekali-kali, karena kalau di kampong-kampong masih banyak yang buat, kalau di kota mana ada (yang bisa membuat Lambai)," tambah Mala.

Untuk membuat Lambai, perlu 44 bahan baku dedaunan yang kemudian dicincang halus. Dedaunan itu di antaranya peugaga (pegagan), daun jeruk purut, daun mengkudu, daun sigeuntot, daun campli buta, daun lawah (jarak), dan lainnya.

Lambai akan semakin nikmat jika disajikan dengan taburan irisan bawang merah, cabai rawit, akar serai, bunga kala, kelapa gongseng serta kacang goreng. (Sun)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya