Buntut Ratusan Siswa Secapa AD Bandung Terdeteksi Positif Covid-19

Wali Kota Bandung Oded M Danial telah memerintahkan pihak Dinkes melakukan rapid test kepada warga yang tinggal di permukiman sekitar Secapa AD.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 10 Jul 2020, 12:21 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2020, 13:00 WIB
Oded M. Danial
Wali Kota Bandung Oded M. Danial. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial telah memerintahkan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan rapid test terhadap warga yang tinggal di permukiman sekitar Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD). Hal itu menindaklanjuti pernyataan Gugus Tugas Jabar atas klaster baru penyebaran Covid-19.

"Saya meminta kepada Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung meminta sudah mulai di-rapid test bagi masyarakat sekitar," ucap Oded di Bandung, Rabu (8/7/2020).

Menurut Oded, informasi dari Dinkes Kota Bandung, siswa yang terpapar Covid-19 di Secapa AD sudah melakukan tes dan isolasi mandiri.

"Informasi yang saya dapat dari Bu Kadis di Secapa, tes dilakukan mandiri dan internal," ujarnya.

Oded juga meminta Dinkes melakukan pelacakan atau tracking untuk mengetahui dan memastikan apakah terdapat masyarakat yang terpapar Covid-19 atau tidak. Ia mengaku belum memperoleh informasi detail terkait temuan siswa Secapa AD yang terpapar corona.

"Sekarang minta kepada gugus tugas harian, yang terpenting pemeriksaan kepada mereka (warga sekitar)," katanya.

Oded mengaku belum berencana akan membatasi aktivitas masyarakat di sekitar Secapa AD Bandung. Ia mengaku akan fokus melakukan rapid tes terlebih dahulu kepada masyarakat di sekitar kawasan tersebut.

Meski begitu, ia berharap temuan kasus positif yang terjadi di Secapa AD tidak menyebar ke masyarakat di sekitar.

"Saya lihat di Sukabumi contohnya, karena itu internal mudah-mudahan tidak termasuk masyarakat ikut terpapar. Kita juga enggak tahu siswa ada interaksi dengan warga karena kan kita sedang PSBB," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat Berli Hamdani menyebutkan, institusi pendidikan kenegaraan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di kawasan Hegarmanah, Kota Bandung, menjadi klaster baru penularan Covid-19.

Kepastian tersebut didapat setelah Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jabar dan Kota Bandung melaksanakan tes swab (usap) beberapa hari lalu. Hasilnya, sekitar 200 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Institusinya saat ini baru yang teridentifikasi baru di Secapa. Saat ini sudah dilakukan pemeriksaan mulai dari rapid tes kemudian dari hasil rapid tes sudah di tes swab oleh tim Kesdam (Kesehatan Daerah Militer)," kata Berli dalam konferensi pers di Bandung, Rabu (8/7/2020).

Maka dari itu, Berli menyatakan hal ini menjadi perhatian serius Pemerintah Jabar. Tak hanya pengetesan corona, Berli menyampaikan bahwa tim Gugus Tugas sudah meminta para siswa Secapa AD yang terpapar virus untuk melakukan isolasi mandiri. Kawasan Secapa AD juga sudah disemprot disinfektan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya