Wamen PUPR Tinjau Proyek Rehabilitasi Pasca Bencana Ambon

Guna memastikan pekerjaan sudah sesuai harapan dan keinginan Presiden, Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo bersama rombongan meninjau sejumlah proyek rehabilitasi pasca bencana di Ambon terdiri dari rehabilitasi pasar, gedung rumah sakit, sekolah dan kampus.

oleh Abdul Karim diperbarui 27 Jul 2020, 14:28 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2020, 14:00 WIB
Wamen PUPR
Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo (tengah) bersama Kepala Dinas PUPR Mohammat Marasabessy(kanan) berada di lokasi pembangunan SD 61 Waehru Ambon. Senin 27 Juli 2020.

Liputan6.com, Maluku- Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Wamen-PUPR) John Wempi Wetipo meninjau pekerjaan sejumlah proyek rehabilitasi pasca bencana alam di Ambon. Senin 27 Juli 2020.

Terdiri dari rehabilitasi total pasar apung, dan rehab berat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ishak Umarela yang terletak di Desa Tulehu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.

Rehabilitasi berbagai gedung di IAIN Ambon, serta proyek rehabilitasi belasan sekolah yang ambruk akibat gempa yang melanda Ambon, Seram Bagian Barat dan Maluku Tengah beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungan ini, Wamen didampingi sejumlah Dirjen di Kementrian PUPR, Kepala Balai Prasarana Wilayah Maluku Khalil Kastela dan Kepala Dinas PU Provinsi Maluku Mohammat Marasabessy.

Wamen menjelaskan, kunjungannya di Ambon telah diagendakan beberapa waktu lalu, saat itu pihaknya mendapatkan surat dari Gubernur Maluku mengenai bencana alam yang terjadi di Ambon dan Maluku, bahkan ada jembatan penghubung beberapa kabupaten putus di Pulau Seram.

Namun karena Pemerintah Provinsi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (SBB) untuk Ambon sehingga kunjungan baru dilakukan sekarang.

"Nah sekarang momentum tepat. Kita datang juga bersamaan dengan mulai dioperasionalkan RSUD Ishak Umarela, RSUD ini sudah tuntas pekerjaan 100 persen, dan ini hari pertama RSUD dioperasikan kembali," ujar Wamen John Wempi Wetipo kepada wartawan di Ambon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Nilai Proyek Pasca Bencana Rp79 Miliar Lebih

Wamen PUPR
Wamen PUPR John Wempi Wetipo saat meninjai RSUD dr. Ishak Umarela. Senin 27 Juli 2020.

Proyek yang dikunjungi Wamen umumnya dibiayai APBN dengan total anggaran dari seluruh proyek rehabilitasi pasca bencana senilai Rp79 miliar lebih. Adapun Progres pembangunan rata-rata sudah capai 30 persen.

"Untuk RSUD sudah tuntas 100 persen, pasar sudah 70 persen, mungkin Oktober sudah selesai," bebernya.

Wamen mengaku, pemerintah pusat berkomitmen untuk secepatnya menyelasaikan pekerjaan-pekerjaan yang ada. Sehingga fasilitas-fasilitas itu dapat segera dinikmati masyarakat kembali.

"Ini komitmen pemerintah pusat yang dikerjakan lewat PUPR dan harapan bapak Presiden, proyek-proyek ini juga untuk kepetingan rakyat, sehingga hari ini kita memastikan teman-teman bekerja sudah tuntas, saya terima kasih buat tema-teman balai-balai yang ada di sini," ketusnya. (*)

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini :

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya