Cara Ampuh Supaya Habis Salat Subuh Tidak Tidur Lagi

Muslim dan muslimah pasti punya permasalahan yang sama selepas salat subuh, yaitu tidur lagi.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 29 Okt 2022, 04:00 WIB
Diterbitkan 29 Okt 2022, 04:00 WIB
Mengenal Gangguan Tidur Sleep Paralysis
Ilustrasi Sleep Paralysis Credit: pexels.com/Miriam

Liputan6.com, Bandung - Muslim dan muslimah pasti punya permasalahan yang sama selepas salat subuh, yaitu tidur lagi. Padahal, tidur selepas subuh tidak terlalu baik.

Selain membuat badan tidak bersemangat, ada beberapa aktivitas yang sebenarnya baik dilakukan saat di pagi hari. Kondisi yang mengantuk selepas salat subuh adalah hal wajar.

Namun, sebaiknya setelah wajah dibasuh dengan air wudu dan melakukan gerakan salat, kita dapat lebih segar dan tidak mengantuk lagi.

Sayangnya, hal tersebut tidak juga ampuh untuk sebagian orang. Lalu, bagaimana cara ampuh agar selepas salat subuh tidak tidur kembali?

1. Tidur Malam Lebih Awal

Tidur sebelum pukul 22.00 bisa membuat pagi lebih segar dan tidak mudah mengantuk. Jika konsisten dengan tidur sebelum pukul 22.00, niscaya tubuh akan lebih sehat, muka segar, mata panda berkurang. Jangan lupa mematikan lampu kamar agar tidur malam lebih maksimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Ikut Kajian Subuh

Ilustrasi Azan Subuh (pixel)
Ilustrasi azan subuh (pixel)

Biasanya, ada beberapa tempat kajian ilmu yang menyediakan kajian gratis atau berbayar setiap subuh. Selain mendalami ilmu agama lebih dalam, kita dapat kebaikan dan wawasan di pagi hari. Apalagi jika kajian ini berbayar, biasanya kita akan lebih siap menghadapi subuh dan tidak akan tidur lagi.

3. Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Selepas Subuh, biasakan untuk beres-beres kamar dan rumah supaya kita bisa meninggalkan rumah saat kerja di pagi hari dengan keadaan rapi dan bersih. Jika terus dilakukan seperti ini, pulang ke rumah selepas kerja akan lebih nyaman dan senang karena kondisi rumah lebih baik.


4. Gunakan Alarm

Jam Waker
Ilustrasi alarm. (iStockphoto)

Keinginan kuat agar tidak tidur lagi dapat dimulai dengan penggunaan alarm. Setel alarm di waktu-waktu sebelum subuh agar kita bisa bersiap lebih awal untuk menghadap kepada Allah SWT.

Kita siapkan diri dengan keadaan bersih, tempat yang nyaman, serta hati yang lapang untuk melaksanakan ibadah di waktu pagi. Setelah itu, lakukan ibadah ritual lain dengan cara membaca Alquran dan doa-doa pagi.

5. Berolahraga

Tubuh yang sehat dan bugar didampingi dengan olahraga yang rutin. Gunakan waktu 30-60 menit untuk melakukan peregangan dan olahraga setelah salat subuh.

Misalnya, dengan melakukan yoga atau stretching melalui Youtube, berjalan kaki keliling area rumah, bersepeda, atau lari kecil. Lihat perkembangan kesehatanmu setelah satu bulan ke depan akibat konsistensi olahraga.

Jika dilakukan dengan rutin, maka tidur selepas salat subuh tidak akan terjadi lagi.

Demikian tips-tips menjaga badan agar tidak tertidur kembali setelah salat subuh. Pastikan niat dan keinginan yang kuat karena itu hal paling utama. Selamat mencoba para pejuang subuh!

(Fathia Uqimul Haq)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya