Pengertian Malam Nisfu Syaban dan Keutamaannya

Malam nisfu syaban akan berlangsung sebentar lagi yaitu jatuh pada pertengahan bulan Syaban atau tanggal 15 Syaban. Adapun malam nisfu syaban ini dikenal sebagai malam yang sangat istimewa terutama bagi umat muslim.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 03 Mar 2023, 11:24 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2023, 11:23 WIB
Anjuran Melakukan Amalan di Malam Nisfu Sya’ban
Ilustrasi Ibadah di Malam Nisfu Sya’ban Credit: pexels.com/AbdullahGhatasheh

Liputan6.com, Bandung - Malam nisfu syabanakan berlangsung sebentar lagi yaitu jatuh pada pertengahan bulan Syaban atau tanggal 15 Syaban. Adapun malam nisfu syaban ini dikenal sebagai malam yang sangat istimewa terutama bagi umat muslim.

Malam nisfu syaban adalah malam yang istimewa karena masuk dalam satu dari lima malam yang utama yaitu malam Qadar, Idul Fitri, Idul Adha, malam Jumat, dan malam awal bulan Rajab.

Malam nisfu syaban ini sangat dinantikan oleh umat muslim yang ingin mendapatkan keutamaannya. Bahkan malam ini juga disebut sebagai malam pengampunan karena malam nisfu syaban adalah malam yang dipenuhi dengan rahmat serta kebaikan-kebaikan Allah SWT.

Banyak umat muslim yang menantikan malam ini untuk memohon ampunan serta berdoa kepada Allah.

Melansir dari islam.nu.or.id, dalam kitab Qut al-Qulub karya Al-Imam Abu Thalib al-Makki dijelaskan bahwa para sahabat Nabi memberikan perhatiannya pada malam nisfu syaban. Perhatian lebih ini dengan melakukan berbagai amal ibadah dan juga melakukan kebaikan.

Malam nisfu syaban juga dikenal sebagai malam yang istimewa karena Allah SWT akan menghapuskan dosa-dosa orang yang memohon pengampunan atas dosanya yang telah diperbuat. Hal ini juga sebagaimana hadits dari Rasulullah SAW.

“Apabila tiba malam nisfu syaban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya,” mengutip dari HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman

Itu lah keutamaan paling istimewa dari malam nisfu syaban yang tentunya banyak dinantikan umat muslim bahkan dianjurkan untuk dilakukan. Amalan ini pun dapat dilaksanakan secara individu ataupun berjamaah.

Adapun beberapa amalan yang dapat dilakukan oleh umat muslim ketika malam nisfu syaban seperti membaca surat yasin sebanyak tiga kali, memperbanyak doa, memperbanyak istighfar, hingga memperbanyak syahadat.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya