Tema dan Logo HUT ke-78 RI, Ini Dia Link Unduhnya

Menyambut HUT ke-78 RI, perayaan kemerdekaan mengusung slogan "Terus Melaju untuk Indonesia Maju".

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 21 Jul 2023, 13:17 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2023, 13:17 WIB
Logo resmi hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI). (Liputan6.com)
Logo resmi hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI). (Liputan6.com)

Liputan6.com, Bandung - Masyarakat Indonesia akan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78. Adapun pemerintah menyiapkan logo HUT RI tersebut melalui Kementerian Sekretariat Negara.

Terlihat pada unggahan yang dibagikan oleh Kementerian Sekretariat Negara, logo peringatan HUT ke-78 RI tahun ini memadukan angka tujuh berwarna merah serta angka delapan dengan siluet lima garis berwarna merah.

Adapun pada perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia ini mempunyai slogan "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju". Logo tersebut juga merupakan pilihan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, logo ini juga berdasarkan dari hasil proses penyaringan yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Logo tahun ini mencerminkan rasa tegas, stabil, luas, dan kesatuan. Logo ini mempunyai makna sebagai meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, bergerak secara harmoni menuju Indonesia maju.

Konsep visualnya pun terdapat semangat estafet, terus melaju, tanggung jawab bersama, berlandaskan Pancasila, gotong royong, bergerak maju, dan menuju Indonesia maju. Sehingga menggambarkan pembangunan Indonesia harus terus dengan semangat.

Seperti olahraga estafet yang menggambarkan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi, dan sinkronisasi irama gerak serta sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari dalam mencapai satu tujuan.

Perlu diketahui logo tersebut dirancang oleh Katarina Monika yang kemudian dipilih oleh Presiden Jokowi sebagai logo resmi HUT ke-78 RI. Tema yang dimiliki adalah "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju".


Link Download

Terdapat beberapa dokumen mulai dari Keputusan Menteri tentang pembentukan panitia pelaksanan HUT RI Ke 78, pembentukan panitia pelaksana peringatan HUT RI Ke 78, dan dokumen lainnya berikut ini:

  • Link Tema, Logo, dan Panduan Identitas Visual Peringatan HUT Ke 78 Kemerdekaan RI Tahun 2023: https://drive.google.com/drive/folders/1tHIA5HiGLlK7LhWornH0nP723gOdp1Ub.
  • Link Surat Edaran Menteri Setneg tentang Pedoman Peringatan HUT Ke 78 Kemerdekaan RI Tahun 2023: https://cdn.setneg.go.id/_multimedia/document/20230613/31003100B-523-23.pdf.
  • Link lengkap Peringatan HUT Ke 78 Kemerdekaan RI Tahun 2023: https://www.setneg.go.id/view/index/peringatan_hari_ulang_tahun_ke_78_kemerdekaan_republik_indonesia_tahun_2023.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya