Panen Serentak Bikin Harga Tomat di Gorontalo Turun, Pedagang Gigit Jari

Dengan kondisi tersebut kata Agus, modal mereka pun tidak kembali. Padahal, tomat yang mereka beli tersebut dibeli dengan harga tinggi, belum lagi biaya transportasi yang mereka gunakan mengangkut.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 21 Agu 2023, 09:00 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2023, 09:00 WIB
Jelang Puasa, Harga Bahan Pokok Stabil
Pedagang memilah tomat di pasar (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Gorontalo - Harga komoditas tomat turun drastis di Pasar Tradisional Limboto, Kabupaten Gorontalo, Minggu (20/08/2023). Penurunan harga tomat ini bahkan mendapat keluhan dari petani hingga pedagang.

Sebelumnya, awal Agustus harga tomat berada di harga Rp15 ribu hingga Rp20 Ribu per Kg. Akan tetap, memasuki pertengahan Agustus, harga tomat berangsur turun.

Saat ini, harga tomat mengalami penurunan yang sangat tak wajar lagi. Harga tomat di pasar Gorontalo berada di kisaran Rp5 ribu sampai Rp 7 per kilogram.

Menurut salah satu pedagang, Agus (47), bahwa kenaikan harga tersebut hanya berselang beberapa hari. Padahal, dirinya sempat membeli tomat di petani, dengan harga tinggi.

"Hanya beberapa hari setelah saya beli dari petani, tiba-tiba harga anjlok. Wah, rugi juga, sementara tomat tidak bisa disimpan lama," kata Agus.

Dengan kondisi tersebut kata Agus, modal mereka pun tidak kembali. Padahal, tomat yang mereka beli tersebut dibeli dengan harga tinggi, belum lagi biaya transportasi yang mereka gunakan mengangkut.

"Pokoknya rugi, harga tomat dan biaya lainnya kalau dihitung tidak sebanding dengan rendahnya harga tomat sekarang," katanya.

Sementara itu, Ramdan Maku salah satu petani tomat mengaku bahwa, menurunnya harga tomat disebabkan oleh adanya panen tomat yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo. Ditambah lagi ada tomat yang masuk dari daerah lain.

“Banyak yang panen, banyak juga yang memasok tomat dari luar Gorontalo,” kata Ramdan.

“Saat ini saya Rp5.000 per kilo ke pedagang. Minimal pulang modal dulu, kalau ditahan malah tomat yang akan membusuk,” ia menandaskan.

 

Simak juga video pilihan berikut:


Manfaat Buah Tomat

Tomat dikaitkan dengan senyawa yang disebut likopen, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Sebenarnya, setiap sayuran atau buah merah mengandung sedikit likopen—zat yang memberi mereka warna merah cerah.

Tapi tomat mengandung lebih banyak likopen daripada sayuran lainnya, dengan satu tomat berukuran sedang mengandung sekitar 2-3 gram. Menariknya, jus tomat mengandung lebih banyak likopen daripada tomat mentah. Nah, penasaran apa saja manfaat tomat bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasannya: 

1. Tomat bisa melindungi kulit

Menurut penelitian, tomat bisa membantu dalam perlindungan terhadap sinar UV yang berbahaya dan menurunkan risiko terbakar sinar matahari.

Para peneliti percaya bahwa ini karena tingginya konsentrasi karotenoid, yang merupakan komponen likopen.

Namun, para ilmuwan juga menunjukkan bahwa kita tidak bisa mengganti tabir surya hanya dengan mengkonsumsi tomat. Selain manfaat kesehatan ini, beberapa bukti menunjukkan bahwa tomat memiliki sifat anti-penuaan.

2. Baik untuk jantung

Likopen adalah antioksidan yang bisa melindungi sel-sel dalam tubuhmu dari oksidasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi likopen memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit jantung, diabetes dan stroke.

Likopen juga bisa berperan dalam menurunkan kadar kolesterol “jahat,” serta tekanan darahmu. Akibatnya, peluang Anda terkena penyakit jantung juga bisa berkurang.

Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin dan nutrisi lain, seperti vitamin B, E dan flavonoid yang bisa meningkatkan kesehatan jantungmu.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya