Fntastic Tutup, Ini Deretan Gim yang Mengusung Konsep Sama dengan The Day Before

The Day Before padahal sempat menjadi dinanti-nanti tahun ini, khususnya di platform Steam. Saking dinantinya, gim ini sempat masuk daftar game terlaris dan paling banyak dimainkan di Steam. Akan tetapi, hal itu berubah 180 derajat setelah rilis.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 13 Des 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 13 Des 2023, 16:00 WIB
Fntastic Tutup Usai Rilis The Day Before, Game MMO yang Gagal Penuhi Ekspektasi Gamer
Fntastic Tutup Usai Rilis The Day Before, Game MMO yang Gagal Penuhi Ekspektasi Gamer. (Doc: Fntastic | Steam)

Liputan6.com, Yogyakarta - Perusahaan gim Fntastic yang merilis The Day Before akhirnya tutup. Gim itu sekaligus menjadi gim terakhir asal Singapura yang dibuat.

Gim The Day Before tidak sesuai dengan kebanyakan ekspektasi para gamer. Baru empat hari merilis The Day Before ke platform Steam, Fntastic tutup akhirnya setop beroperasi setelah delapan tahun.

Mengutip cuitan di akun X resmi @FntasticHQ, Selasa (12/12/2023), Fntastic mengakui "telah gagal secara finansial, dan kekurangan dana untuk melanjutkan pengembangan game."

The Day Before padahal sempat menjadi dinanti-nanti tahun ini, khususnya di platform Steam. Saking dinantinya, gim ini sempat masuk daftar game terlaris dan paling banyak dimainkan di Steam. Akan tetapi, hal itu berubah 180 derajat setelah rilis.

Namun dalam kurun waktu yang tak lama, peringkat gim The Day Before ini langsung turun drastis seiring dengan banjirnya ulasan negatif dari gamer.

The Day Before adalah MMO open world yang memungkinkan pemain bermain dengan pemain lain untuk melawan zombie, menemukan koloni penyintas, dan memasuki tempat di mana tidak ada orang lain yang berani.

Selain The Day Before, ada sejumlah gim dengan mengusung tema yang sama, berikut di antaranya.

1. State of Decay 2

State of Decay adalah salah satu favorit para gamer dan banyak dimainkan. Gim ini memadukan semua tentang survival horror dengan realisme harus bepergian dengan orang-orang yang tidak dapat dikendalikan.

Gim ini berlatarkan lingkungan open world dan memungkinkan pemain bermain sebagai karakter berbeda untuk memanfaatkan karakteristik dan keterampilan mereka yang berbeda agar dapat bertahan hidup.

Pemain dapat bermain secara kooperatif dengan teman-teman untuk membangun tempat berlindung dan mengumpulkan sumber daya untuk melawan berbagai kumpulan zombie sepanjang siang dan malam.

Ada juga kendaraan yang dapat dikendarai. Menariknya lagi bahwa kendaraan tersebut memerlukan bahan bakar dan dapat rusak saat menabrak zombie atau menabrak rintangan.

Penerbit: Xbox Game StudiosPengembang: Lab Mayat HidupPeron: PC, Xbox OneTanggal Rilis: Mei 2018

 


Dying Light 2 Stay Human

2. Dying Light 2 Stay Human

Dying Light 2 telah menjadi pesaing game terbaik pada tahun 2021. Gim ini masuk dalam deretan gim zombie terbaik sepanjang masa. Pemain berperan sebagai Aiden Caldwell yang punya keterampilan parkour. Ia menggunakan kemampuannya itu untuk mengumpulkan senjata dan melawan gerombolan zombie yang menempati kota.

Ada banyak sekali peta untuk dijelajahi, bahkan ada kendaraan yang bisa dimanfaatkan untuk menghancurkan musuh dan berkeliling lebih cepat. Pemain juga memiliki opsi untuk membuat senjata menggunakan barang-barang yang ditemukan tergeletak di perjalanan.

Gim ini juga ada fitur co-op multipemain dengan empat pemain di mana para pemain dapat merasakan cerita bersama teman-teman.

Penerbit: TechlandPengembang: TechlandPlatform: Xbox Seri X/S, Xbox One, PS4, PS5, Switch, PCTanggal Rilis: Desember 2021

3. Days Gone

Days Gone mirip dengan gim dengan judul zombie lainnya seperti The Last of Us. Gim ini mengikuti premis serupa yaitu konsep open world dimana pemain harus melawan zombie musuh untuk bertahan hidup.

Perbedaan antara gim ini dan gim lain adalah Freakers (zombie) dalam game ini dapat mengejar dalam jumlah ratusan yang membuat penjelajahan dunia terbuka terasa jauh lebih menakutkan.

Penerbit: SonyPengembang: Bend StudioPlatform: PS4, PCTanggal Rilis: April 2019

 


Dead Matter

4. Dead Matter

Dead Matter adalah judul yang menarik karena ini bukan penembak zombie biasa. Faktanya, ini adalah rogue-lite yang berarti karakter dapat mati dan dihidupkan kembali tanpa senjata.

Kemudian kemampuan yang mereka peroleh, membuat setiap permainan menjadi sangat berbeda. Gim ini menghadirkan sentuhan tersendiri pada genre survival dunia terbuka dan berhasil menyeimbangkan gameplay dengan mekanisme bertahan hidup yang ciamik.

Penerbit: Quantum Integrity Software IncPengembang: Quantum Integrity Software IncPlatform: PC

5. DayZ

DayZ adalah gim zombie yang rilis sejak 2013 silam. Petanya tidak hanya sangat besar dengan lebar sekitar 230 kilometer, tetapi juga terdapat beragam lanskap dan landmark yang semuanya ditampilkan dengan indah dan berdasarkan tempat nyata.

Inti dari permainan ini adalah mencoba untuk tetap hidup dengan cara apa pun. Oleh karena itu, pemain akan mengalami siklus siang dan malam yang dinamis serta ancaman dari segala penjuru yang akan menguji kemampuan.

Pemain akan dapat bermain dengan hingga 60 pemain di peta yang sama yang dapat dijadikan teman, bunuh, atau bahkan khianati apa pun yang mereka miliki pada diri mereka.

Penerbit: Bohemia InteraktifPengembang: Bohemia InteraktifPlatform: PS4, PC, Xbox OneTanggal Rilis: Desember 2013

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya