Bahagianya Kakek Arman Dapatkan Program Bedah Rumah Presisi Polres Indragiri Hulu

Warga Desa Bandar Panjang, Kecamatan Siberida, Kabupaten Indragiri Hulu, Arman, tak bisa membendung air mata saat rumah reyotnya dihancurkan untuk dibangunkan kembali dalam program Bedah Rumah Presisi.

oleh Syukur diperbarui 17 Des 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 17 Des 2023, 22:00 WIB
Kepala Polres Indragiri Hulu foto bersama dengan warga yang mendapatkan program Bedah Rumah Polres Indragiri Hulu saat peletakan batu pertama.
Kepala Polres Indragiri Hulu foto bersama dengan warga yang mendapatkan program Bedah Rumah Polres Indragiri Hulu saat peletakan batu pertama. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Warga Desa Bandar Panjang, Kecamatan Siberida, Kabupaten Indragiri Hulu, Arman, tak bisa membendung air mata saat rumah reyotnya dihancurkan. Hitungan pekan ke depan, hunian yang sudah ditinggalinya sejak puluhan tahun akan berubah menjadi rumah kokoh dan layak.

Kakek tua berumur 60 tahun itu selama ini tak punya penghasilan tetap mendapatkan rumah bagus. Barang untuk makan sehari saja membuatnya bercucuran keringat, itupun tak cukup.

Arman bersyukur terpilih mendapatkan program Bedah Rumah Presisi Indragiri Hulu (Bersih). Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Polres Indragiri Hulu dengan pemerintah daerah setempat.

Arman menyaksikan peletakan batu pertama pondasi rumah yang kelak bakal dijadikannya tinggal bersama istri hingga akhir menutup mata. Arman melihat Kapolres Indragiri Hulu AKBP Dodi Wirawijaya SIK memasukkan adukan semen coran ke kerangka rumah.

"Terima kasih Pak Kapolres dan jajaran serta pemerintah, terima kasih untuk semuanya," ujar Arman.

Arman mengaku sudah 2 tahun tak maksimal lagi mencari sumber penghidupan. Badan yang menua dan mulai sakit-sakitan membuatnya lebih banyak beristirahat.

"Mungkin saya tidak bisa membalas kebaikan Kapolres dengan materi, namun bila Polres Inhu membutuhkan, saya akan datang," ucapnya haru.

Sementara itu, AKBP Dody menjelaskan, program Bersih Polres Indragiri Hulu sudah berjalan lama. Progam itu bertujuan menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat, sebagai bentuk kepedulian sesama.

"Ini merupakan program inovasi kreatif Kapolres, program ini diharap bisa meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu, sekaligus mewujudkan keinginan masyarakat memiliki rumah layak," kata Dody.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Sumber Anggaran

Dalam peletakan batu pertama pada Kamis petang itu, 14 Desember 2024, Dody menyebut anggaran program ini bersumber dari internal personel Polres dan jajaran Polsek yang terbuka hatinya. Personel menyisihkan sedikit rezeki membantu dalam bentuk uang maupun material.

Selain itu, juga ada sumber dana eksternal, yakni sumbangan dari perusahaan, swasta, pemerintahan dan masyarakat di Kabupaten Inhu.

"Kami berharap, progam kemanusiaan yang mulia ini dapat berjalan berkesinambungan, berkat kerja sama semua pihak secara bergotong royong," ucap Kapolres

Di sisi lain, Kapolres menerangkan, saat ini sudah memasuki tahun politik. Kampanye meskipun sifatnya masih terbatas untuk pemilihan presiden, wakil presiden, anggota DPD, DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten, sudah berlangsung.

Puncaknya nanti pada 14 Februari 2024 mendatang, di mana masyarakat yang punya hak pilih menentukan siapa pilihannya. Oleh karena itu, Dody menghimbau seluruh lapisan masyarakat dalam partisipasinya mewujudkan Pemilu aman, damai dan berintegritas.

"Mari laksanakan Pemilu 2023 yang damai dan sejuk," kata Dody.

Sementara itu, Camat Siberida Agus Rianto atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, mengucapkan terima kasih pada Kapolri, khususnya Kapolres Inhu karena telah merealisasikan program Bersih di Desa Bandar Padang.

"Kami berharap progam ini terus berlanjut dengan tetap menjalin sinergitas, kami juga mengucapkan terima pada semua pihak yang telah berkontribusi terhadap program ini," kata Camat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya