Penjelasan MV Love Wins All, IU dan V BTS Berusaha Keluar dari Diskriminasi Dunia?

Dalam video berdurasi 5 menit 23 detik itu, IU dan V berusaha berlari dari entitas berbentuk kubus atau Nemo yang sudah menguasai bumi.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 24 Jan 2024, 15:19 WIB
Diterbitkan 24 Jan 2024, 15:17 WIB
Kolaborasi IU dan V BTS di MV berjudul Love Wins All. (Dok: YouTube IU Official)
Kolaborasi IU dan V BTS di MV berjudul Love Wins All. (Dok: YouTube IU Official)

Liputan6.com, Yogyakarta - IU baru saja merilis musik video (MV) Love Wins All, Rabu (24/1/2024) dini hari waktu setempat. Dibintangi IU dan V BTS, keduanya berperan sebagai pasangan kekasih yang menghadapi dunia pasca-apokaliptik.

Dalam video berdurasi 5 menit 23 detik itu, IU dan V berusaha berlari dari entitas berbentuk kubus atau Nemo yang sudah menguasai bumi. Banyak simbol-simbol tertentu di MV garapan sutradara Uhm Tae-hwa ini yang membuat penonton bertanya-tanya.

Berikut penjelasan terkait MV Love Wins All milik IU:

1. Munculnya Nemo di adegan pengejaran

Adegan dimulai dengan IU dan V BTS yang mencoba berlari dari kubus besar atau Nemo. Keberadaan Nemo menjadi isu paling kontroversial di kalangan penggemar.

Banyak yang menganggap Nemo sebagai alien yang telah mengambil alih dunia, zombie yang terinfeksi virus, hingga hantu yang menyebabkan fenomena aneh. Pada kenyataannya, Nemo mengacu pada diskriminasi terhadap tokoh utama.

Nemo juga bisa merujuk pada berbagai jenis diskriminasi dan penindasan yang banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

2. Camrecorder

Sebelum resmi dirilis, camrecorder menjadi salah satu item yang sering ditampilkan di konten promosi lagu Love Wins All. Dalam MV idol Kpop tersebut, visual yang ditangkap oleh camcorder adalah dunia yang baik-baik saja sebelum terjadi reruntuhan.

Lensa pada camrecorder diinterpretasikan sebagai filter cinta. Oleh karena itu, dunia yang digambarkan dalam camcorder terlihat rapi.

Bahkan, mereka bisa menyantap makanan lezat yang disiapkan dengan indah. Mereka juga dengan percaya diri bergerak melintasi banyak ruang dengan gaun dan tuksedo sambil menikmati kebahagiaan yang hanya mereka bayangkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penampilan Pemeran Utama

3. Penampilan pemeran utama

Banyak simbol dalam video musik ini yang juga dipandang sebagai sebuah kisah bertahan hidup dari pandangan dunia dystopian, dari seseorang yang tidak dapat berbicara dan melihat dunia hanya melalui mata kirinya.

Jika diperhatikan, di bibir IU terdapat rantai kecil yang tergantung di atasnya. IU juga terlihat berkomunikasi dengan V menggunakan bahasa isyarat.

Sementara itu, V juga memakai lensa putih di salah satu matanya. IU digambarkan sebagai sosok tuli, sedangkan V sebagai sosok yang salah satu indra penglihatannya tidak berfungsi dengan baik.

4. Gaun Pengantin dan tuksedo

IU dan V masing-masing memilih gaun pengantin dan tuksedo dari reruntuhan. Dua pakaian ini melambangkan hal yang paling klise, yaitu buah cinta.

Dalam video musik tersebut, mereka menikmati momen bahagia bersama dengan melakukan hal-hal yang selama ini sulit dilakukan dalam keseharian mereka, seperti mengenakan pakaian tersebut, berfoto, bernyanyi, dan bersenang-senang. Namun pada akhirnya, tubuh tersebut menghilang karena kubus yang mengejar mereka dan hanya menyisakan pakaian.

Pada akhir video, camrecorder merekam mereka yang seolah melayang ke udara. Hal ini diinterpretasikan sebagai kebebasan, di mana mereka bisa menjauh dari segala macam diskriminasi, penindasan, dan tekanan.

Gaun dan tuksedo yang jatuh dari langit juga menyiratkan pertanyaan apakah bentuk-bentuk yang dianggap bermakna dan penting dalam kenyataan benar-benar menunjukkan hakikat sebenarnya.

Love Wins All menjadi momen comeback IU setelah dua tahun hiatus. Meski MV Love Wins All sudah lebih dulu dirilis, tetapi single-nya baru akan dirilis pada 24 Januari 2024 pukul 18.00 KST.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya