Yogyakarta Royal Orchestra akan Gelar Konser Hari Penegakan Kedaulatan Negara di Jakarta

Yogyakarta Royal Orchestra bakal menggelar konser di Jakarta pada  1-2 Maret 2024 di Aula Simfonia, Jakarta.

oleh Yanuar H diperbarui 13 Feb 2024, 23:00 WIB
Diterbitkan 13 Feb 2024, 23:00 WIB
Yogyakarta Royal Orchestra
Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) akan meriahkan Maritime Awards 2022. (Foto: dok. Istimewa)

Liputan6.com, Yogyakarta Yogyakarta Royal Orchestra - orkestra Kagungan Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat— akan menggelar konser pada Jumat-Sabtu, 1-2 Maret 2024 di Aula Simfonia Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat. Penghageng Kawedanan Kridhamardawa Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat KPH Notonegoro mengatakan alasan Yogyakarta Royal Orchestra konser di Jakarta untuk merayakan Hari Penegakan Kedaulatan Negara dalam peristiwa Serangan Umum 1 Maret secara lebih luas.

"Meski peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 ini terjadinya di Yogyakarta, namun Hari Penegakan Kedaulatan ini bukan hanya milik Jogja. Hari peringatan ini sudah selayaknya dirayakan secara nasional. Untuk itu, kami menggelar konser di Jakarta yang saat ini merupakan ibu kota negara Republik Indonesia,” ungkapnya.

Konser orkestra milik Kraton Yogyakarta di bawah naungan Kawedanan Kridhamardawa ini di hari Jumat, 1 Maret 2024 akan dihadiri tamu undangan dari kementerian, kedutaan besar negara sahabat yang memiliki kantor perwakilan di Indonesia, pejabat pemerintah Republik Indonesia dan Daerah Istimewa Yogyakarta, serta beberapa rekanan dari Keraton Yogyakarta. Konser di hari kedua yakni Sabtu, 2 Maret 2024  di Aula Simfonia Jakarta dapat dihadiri masyarakat umum dengan pembelian tiket.

“Konsep untuk konser kali ini tentu masih sesuai dengan konsep khas konser Yogyakarta Royal Orchestra, yakni dengan lagu-lagu perjuangan nasional dan menghadirkan beberapa repertoar lagu daerah. Beberapa gending juga akan dibawakan dalam format orkestra dan berkolaborasi dengan cokekan dan sindhen,” papar ML. Widyotantomardowo selaku pimpinan produksi Konser Hari Penegakan Kedaulatan Negara – Yogyakarta Royal Orchestra 2024.

RW. Widyogunomardowo selaku conductor konser tersebut akan menghadirkan pengalaman menyelami perjuangan para pahlawan dalam menegakkan kedaulatan Republik Indonesia melalui musik, sekaligus mengajak penonton merasakan nuansa Jawa, khususnya Yogyakarta, di ibu kota Jakarta. Terlebih Himne Serangan Umum 1 Maret 1949 yang merupakan Yasan Dalem (karya) Sri Sultan HB X akan dibawakan juga dalam konser tersebut."Terdapat juga solois vokal dan paduan suara yang akan mewarnai repertoar dalam Konser Hari Penegakan Kedaulatan Negara besok," katanya.

Para penonton nantinya juga dapat menikmati  Pameran Jayapatra: Langkah Jogja Bagi Bangsa yaitu rentetan singkat dari dedikasi Yogyakarta untuk Indonesia hadir dalam pameran bertajuk Jayapatra. Pameran ini akan mengajak seluruh pengunjung untuk menilik kembali perjuangan kemerdekaan Indonesia beserta ragam upaya mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta kontribusi Yogyakarta sebagai kota kerajaan yang memiliki pengaruh atas kelahiran republik.

Konser Hari Penegakan Kedaulatan Negara - Yogyakarta Royal Orchestra 2024 di hari kedua masyarakat umum dapat membeli tiket mulai dari jenis tiket Diamond seharga Rp1.500.000,00; Platinum seharga Rp1.250.000,00; Gold seharga Rp1.000.000,00; Silver seharga Rp850.000,00; dan terakhir Gold seharga Rp500.000,00. Pembelian tiket akan dibuka pada Senin, 12 Februari 2024 dan bisa didapatkan melalui laman kratonjogja-online.globaltix.com.

“Kami berharap dengan pameran dan konser yang digelar di Jakarta dapat menjadi sarana edukasi kepada masyarakat yang lebih luas terkait peranan Yogyakarta dalam upaya mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus apresiasi terhadap negara-negara sahabat yang mengakui kedaulatan negara kita tercinta di awal perjuangannya. Penonton konser di hari kedua juga tetap dapat menikmati pameran sebelum menyaksikan konser, karena pameran juga akan digelar selama 2 hari. Selalu simak informasi terbaru terkait agenda Konser Hari Penegakan Kedaulatan Negara – Yogyakarta Royal Orchestra 2024 ini melalui media sosial resmi kami di Instagram @kratonjogja dan @kratonjogja.event,” ujar KPH Notonegoro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya