LPS Dorong Mahasiswa Jadi Agen Penyebar Informasi Tentang Lembaga Keuangan

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengunjungi Kantor Perwakilan LPS I – Medan.

oleh Reza Efendi diperbarui 14 Jun 2024, 15:29 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2024, 15:29 WIB
UMSU
LPS Medan undang mahasiswa IKO FISIP UMSU sosialisasi dan workshop

Liputan6.com, Medan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengunjungi Kantor Perwakilan LPS I – Medan. Kunjungan dalam rangka mengikuti Workshop Program Penjamin Simpanan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada Kamis, 13 Juni 2024.

Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang fungsi dan peran LPS dalam menjamin simpanan di bank serta memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan di Indonesia.

Kepala KPW LPS - 1 Medan, Muhammad Yusron, menyampaikan harapannya agar melalui workshop ini para mahasiswa dapat lebih mengenal LPS dan memahami tugas serta fungsinya.

"Kami mengharapkan dengan adanya workshop kepada mahasiswa, LPS lebih dikenal oleh para mahasiswa, sehingga pada akhirnya mereka tidak ragu untuk menabung di bank karena simpanan di bank dijamin oleh LPS," ujarnya.

Yusron menekankan pentingnya peran mahasiswa sebagai agen penyebar informasi di era digital. Karena mahasiswa adalah masa depan bangsa. Di era digital ini, mahasiswa dapat menyebarkan informasi tentang LPS melalui konten di media sosial.

"Juga dapat membantu meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai sistem perbankan di Indonesia," ujarnya.

Yusron juga membahas keraguan masyarakat terhadap sistem perbankan yang masih ada, terutama di daerah pinggiran Sumatera Utara (Sumut).

"Sebagian masyarakat di Sumatera Utara, terutama di daerah pinggiran, masih ragu untuk menabung di bank dan lebih memilih menyimpan uang di rumah. Dengan sosialisasi LPS, kami berharap mereka lebih yakin untuk menabung di bank," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tingkatkan Kepecayaan Masyarakat

Kepala Kantor Perwakilan LPS I – Medan, Muhamad Yusron
Kepala Kantor Perwakilan LPS I – Medan, Muhamad Yusron (Reza Efendi/Liputan6.com)

Disebutkan Yusron, LPS bekerja sama berbagai pihak untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perbankan. Kerja sama yang dilakukan seperti dengan OJK, BI, dan Kementerian Keuangan.

"Ini merupakan upaya-upaya untuk menjaga stabilitas sistem keuangan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perbankan," sebutnya.

Yusron juga menyampaikan rencana program magang bagi mahasiswa dari berbagai universitas di Medan.

"Kami ingin membuka program magang bagi mahasiswa untuk sosialisasi LPS, sehingga sosialisasi ini lebih merata," bebernya.

LPS berharap kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat Sumut terhadap sistem perbankan.

"Dengan adanya LPS, masyarakat diharapkan lebih yakin untuk menabung di bank karena simpanan mereka dijamin keamanannya," tambahnya.


Beri Keyakinan Kepada Masyarakat

Wilayah Kerja di Seluruh Sumatera
Kantor Perwakilan LPS I – Medan, Gedung Sinar Plaza, Lantai 9, Medan (Reza Efendi/Liputan6.com)

Dekan Fakultas FISIP UMSU, Arifin Saleh, menyambut baik kerja sama LPS. "Kami berharap LPS dapat memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa menyimpan uang di bank aman," ujarnya.

Arifin juga berharap adanya kunjungan balasan dari LPS ke UMSU untuk memperkuat kerja sama. "Kami berharap LPS bisa berkunjung ke UMSU untuk menguatkan kerjasama, termasuk dalam program Kampus Merdeka," tambahnya.

Staf Edukasi, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Lembaga LPS-I Medan, Muhammad Syafril Murad Setiadil mengatakan, saat ini masih banyak masyarakat yang menabung secara konvensional menggunakan celengan, di bawah bantal.

"Mungkin kalau kaum milenial dan Gen Z sekarang yakin sudah paham mengenai keuangan digital baik m banking, platform pembayaran online dan lainnya, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa keluarga, saudara, teman, masih banyak juga yangg melakukan secara konvensional" katanya.


Simpanan di Bank Aman Dijamin oleh LPS

Kepala Kantor Perwakilan LPS I – Medan, Muhamad Yusron
Kantor Perwakilan LPS I – Medan (Reza Efendi/Liputan6.com)

Muhammad Syafril menyebutkan untuk itu LPS hadir untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwa simpanan di bank aman dijamin oleh LPS.

Ia menambahkan bahwa seperti krisis tahun 1998 di mana kepercayaan masyarakat menurun kepada perbankan, dan pemerintah menerbitkan blanket guarantee yang berhasil menumbuhkan kepercayaan masyarakat tetapi juga menimbulkan moral hazard.

"Maka LPS dibentuk untuk menyelesaikan permasalahan kepercayaan masyarakat kepada perbankan sekaligus mengantisipasi moral hazard, dan di tahun 2024 ini mandat LPS telah bertambah luas, yang awalnya hanya menjamin simpanan nasabah, dengan ditetapkannya UU P2SK maka LPS akan menjamin perusahaan asuransi yang akan berlaku efektif tahun 2028. tutupnya.

Workshop ini juga dihadiri Faizal Hamzah Lubis, Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMSU, Sigit Hardiyanto, Kepala Laboratorium FISIP UMSU, dan Irsan Mulyadi, dosen Ilmu Komunikasi FISIP UMSU.

Para mahasiswa yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Acara berlangsung dengan santai dan tertib, mencerminkan minat besar mahasiswa terhadap topik yang dibahas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya