Mengenal Curug Madakaripura, Tempat Semedi Patih Gajah Mada

Menjulang 170 meter dengan lengkungan tebing sempurna, Curug Madakaripura merupakan curug tertinggi dan terindah di Pulau Jawa.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 27 Agu 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 16:00 WIB
Air Terjun Madakaripura
Air terjun Madakaripura. (Liputan6.com/ Ahmad Ibo)

Liputan6.com, Probolinggo - Curug Madakaripura terletak di desa terpencil di lereng Gunung Bromo yang bernama Desa Tlogorejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Konon, curug yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini merupakan tempat bersemedi Patih Gajah Mada.

Menjulang 170 meter dengan lengkungan tebing sempurna, Curug Madakaripura merupakan curug tertinggi dan terindah di Pulau Jawa. Selain dikenal sebagai tempat semedi Patih Gajah Mada, curug ini juga dikenal sebagai air terjun eksotis yang menjadi primadona wisata alam bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Mengutip dari indonesiakaya.com, nama Madakaripura berarti tempat terakhir Sang Patih Gajah Mada. Menurut cerita para tetua zaman dahulu, Curug Madakaripura merupakan tempat mandi dan bersemedi Patih Gajah Mada.

Curug ini juga menjadi tempat Patih Gajah Mada menyepi dan memperdalam ilmu hingga akhir hayatnya. Latar belakang ini membuat masyarakat desa percaya bahwa Madakaripura adalah tempat sakral dan suci. Hal ini semakin diperkuat dengan masih adanya sesajen yang ditemukan di sekitar curug.

Terlepas dari cerita tersebut, sebagai destinasi wisata, Curug Madakaripura menjadi salah satu lokasi wisata unggulan di Probolinggo. Meski dibuka setiap hari, tetapi Curug Madakaripura ditutup setiap Desember untuk menghindari musim penghujan dengan curah hujan tinggi.

Cuaca tersebut dapat meningkatkan volume air dan membahayakan pengunjung. Untuk menuju ke sini, pengunjung akan menempuh perjalanan dengan pemandangan hijau di sepanjang lereng pegunungan.

Setelah sampai di gerbang, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak dan menyeberangi sungai selama sekitar satu jam. Meski cukup menantang, pengunjung tak perlu khawatir karena akses jalannya sudah bagus.

Untuk wisatawan yang baru pertama kali berkunjung, terdapat banyak orang yang menawarkan jasa pemandu wisata di depan pintu masuk gerbang. Ini sangat membantu wisatawan, terlebih bagi mereka yang belum terbiasa berpetualang di alam.

Hingga kini, Curug Madakaripura masih menjadi destinasi wisata pilihan bagi pengunjung yang datang ke Probolinggo. Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman wisata yang menyenangkan sekaligus cerita sejarah dari Patih Gajah Mada.

(Resla)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya