8 Manfaat Oatmeal, Salah Satunya Mengatasi Sembelit

Oatmeal terkenal sebagai menu sarapan yang sehat. Bahkan, sekarang banyak variasi topping dan cara mengolah oatmeal sehingga menarik untuk dicoba.

oleh Arie Nugraha diperbarui 01 Sep 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 07:00 WIB
Contoh ilustrasi oatmeal
Siapa bilang orang diet tidak bisa makan bubur? Kamu bisa coba menu bubur buah berbahan dasar oat ini (Foto: Unsplash.com/Margarita Zueva)

Liputan6.com, Bandung - Oatmeal salah satu makanan yang banyak manfaat bagi tubuh, namun sebagian besar orang jarang menyentuhnya. Tak dapat dipungkiri makanan pokok di Indonesia terpatok pada nasi, jagung dan sagu.

Menurut dr. Aloisia Permata Sari Rusli di laman Dokter Sehat, oatmeal terkenal sebagai menu sarapan yang sehat. Bahkan, sekarang banyak variasi topping dan cara mengolah oatmeal sehingga menarik untuk dicoba.

"Oatmeal merupakan menu makanan yang terdiri dari oat dan cairan, seperti air, susu sapi, atau susu nabati. Kandungan serat, karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral di dalamnya menjadikannya sebagai salah satu makanan yang penuh nutrisi," terang Aloisia dicuplik Rabu (28/8/2024).

Aloisia menyebutkan terdapat 8 manfaat konsumsi oatmeal untuk kesehatan, antara lain:

1. Membantu Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan permasalahan yang umum dihadapi seseorang pada beberapa waktu. Ada berbagai macam penyebab sembelit, salah satunya adalah kurangnya asupan serat.  Dalam 100 gram oatmeal diketahui terdapat 1.7 gram serat pangan.

Kandungan serat dalam oatmeal akan membantu sisa makanan yang sudah tercerna untuk tetap bergerak di dalam usus. Dengan demikian, sembelit pun akan bisa dicegah atau diatasi.

2. Mengurangi Risiko Asma

Makanan diketahui memiliki peranan penting pada asma. Meski terdapat makanan yang bisa memicu timbulnya asma, ada juga makanan yang bisa mengurangi risiko asma. Perlu diketahui, penyakit pada saluran pernapasan ini merupakan kondisi yang umum terjadi pada anak-anak.

Sebuah studi yang melibatkan 3,781 anak-anak menyatakan bahwa anak yang konsumsi oatmeal sebagai salah satu makanan pertamanya cenderung tidak terkena asma pada usia 5 tahun. Oatmeal sendiri memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan sehingga  berperan untuk mengangkat radikal bebas dalam tubuh, mengurangi inflamasi, dan mendukung kerja paru-paru.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bubur oatmeal tidak hanya memiliki rasa yang enak, tetapi juga dapat membantu membuat rasa kenyang lebih lama. Makanan ini akan membantu Anda makan lebih sedikit kalori, sehingga berat badan akan berkurang.  Dalam oat, terdapat kandungan beta glukan dalam jumlah yang besar.

Beta glukan merupakan serat pangan larut air dan dapat membentuk gel yang kental dalam saluran pencernaan.  Kandungan beta glucan dalam oat akan membuatnya lebih lama dicerna sekaligus meningkatkan rasa kenyang. Selain itu, beta glukan juga akan mendorong pelepasan hormon kenyang, sehingga asupan kalori dan risiko obesitas akan menurun.

4. Membantu Kontrol Gula Darah

Diabetes melitus tipe 2 merupakan kondisi kesehatan yang ditandai dengan kenaikan gula darah secara signifikan. Kondisi ini pada umumnya disebabkan oleh menurunnya sensitivitas insulin. Oat dapat membantu menurunkan gula darah, khususnya pada orang yang mengalami kegemukan atau seseorang yang menderita diabetes melitus tipe 2.  

Beta glucan dalam oat dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, beta glukan juga memiliki kemampuan untuk membentuk gel kental, sehingga lambung menjadi kosong lebih lama dan penyerapan gula ke dalam darah juga akan semakin lama. 

5. Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian secara global. Salah satu penyebabnya adalah kadar kolesterol yang tinggi dalam darah.  Beberapa studi menyebutkan bahwa beta glucan dalam oat efektif untuk menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL.  

Beta glukan akan meningkatkan pelepasan empedu yang kaya kolesterol, sehingga tingkat sirkulasi kolesterol dalam darah akan berkurang.  Selain itu, oat juga dapat melindungi kolesterol LDL dari oksidasi yang umumnya terjadi ketika bereaksi dengan radikal bebas. Ketika kolesterol mengalami oksidasi, maka akan terjadi inflamasi pada arteri yang akhirnya meningkatkan risiko serangan jantung.

6. Melindungi Tubuh dari Berbagai Penyakit 

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa buah dan sayur memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit. Namun, oat juga mengandung antioksidan spesifik berupa avenanthramide. 

Sebuah studi menyatakan bahwa antioksidan dalam oat dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk kanker. Namun, hal ini tetap perlu diteliti lebih lanjut. 

7. Meningkatkan Sistem Imun

Tubuh Tidak heran jika oatmeal dikatakan sebagai makanan yang sehat. Selain membuat perut kenyang, Anda juga akan mendapatkan vitamin B kompleks dan mineral, seperti mangan, zat besi, magnesium, dan zinc.  Zat besi akan membantu mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Zinc merupakan salah satu mineral memiliki peran untuk kerja sistem imun. 

8. Dapat Membantu Merawat Kulit

Umumnya, oat yang digunakan dalam produk perawatan kulit adalah oat yang digiling halus dan disebut sebagai 'colloidal oatmeal'. Oat sudah lama digunakan dalam mengobati iritasi pada berbagai kondisi kulit serta membantu mengatasi kulit kering. Selain itu, oat juga dapat mengatasi kondisi yang tidak nyaman seperti eksim. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Oat Milk

Sementara itu selain manfaat oatmeal secara umum, dr. Ursula Penny Putrikrislia di laman serupa menyebutkan oat juga ada dalam bentuk susu (oat milk) bisa dijadikan alternatif lain selain susu sapi, kambing, atau susu kedelai. Menurut Ursula, oat milk adalah susu yang terbuat dari oat, yakni satu dari sekian macam jenis gandum.

"Jika selama ini Anda hanya mengetahui oat dalam bentuk sereal, maka Anda harus tahu jika oat juga diolah menjadi susu segar nan menyehatkan. Adanya oat milk atau susu gandum semakin menambah alternatif pilihan susu, terutama bagi Anda yang memang vegan atau alergi terhadap susu sapi," terang Ursula.

Ursula menuturkan terdapat 10 manfaat oat milk bagi kesehatan tubuh kita. Berikut di antaranya:

1. Merawat Tulang

Manfaat usu gandum yang pertama adalah untuk merawat kesehatan dan kekuatan tulang. Alasannya sudah jelas, yakni pada susu terkandung kalsium dan vitamin D. Sebagaimana yang kita ketahui, tulang memerlukan asupan kalsium yang cukup agar senantiasa sehat dan kuat.

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan tulang menjadi rentan untuk mengalami berbagai masalah kesehatan seperti pengeroposan (osteoporosis). Sementara itu, vitamin D berperan dalam mengoptimalkan proses penyerapan kalsium oleh tubuh. Jadi, asupan kalsium akan percuma apabila tidak diimbangi dengan asupan vitamin D yang mencukupi.

2. Menurunkan Kolesterol

Oat milk apabila dikonsumsi secara rutin juga bisa membantu menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’ di dalam tubuh Anda. Ini dimungkinkan karena pada susu tersebut terkandung serat sehat bernama beta-glukan. Beta-glukan membentuk zat berbentuk gel di dalam usus.

Zat ini lantas akan mengikat kolesterol dan mengurangi penyerapannya. Ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Sebuah studi mengemukakan bahwa minum sekitar 3 cangkir (750 ml) susu oat setiap hari selama 5 minggu efektif mengurangi kolesterol jahat sebesar 5 persen. Sementara itu, studi lain mengamati bahwa rata-rata, mengonsumsi 3 gram oat setiap hari menurunkan kolesterol sebesar 5-7 persen. 

Manfaat susu gandum yang satu ini juga secara tidak langsung turut meminimalisir risiko Anda terkena penyakit kardiovaskular yakni jantung dan stroke yang memang salah satu faktor pemicunya adalah kolesterol tinggi.

3. Memperbaiki Suasana Hati 

Suasana hati Anda sedang tidak bagus? Jika ya, maka salah satu cara yang bisa dilakukan guna memperbaiki mood tersebut adalah dengan mengonsumsi susu gandum. Susu oat dikatakan bisa membantu mengatasi suasana hati yang buruk karena mengandung vitamin B.

Menurut penelitian, vitamin B terbukti dapat meningkatkan suasana hati agar semakin baik, selain manfaat-manfaat lainnya seperti mengatasi stres oksidatif dan merawat kesehatan kuku.

4. Merawat Rambut dan Kulit 

Selain untuk memperbaiki suasana hati yang sedang ‘jelek’, susu oat melalui kandungan vitamin B kompleksnya juga menurut sejumlah penelitian juga bermanfaat untuk menjaga agar rambut dan kulit senantiasa terlihat sehat terawat.

5. Mencegah Anemia 

Susu gandum juga mengandung mineral zat besi. Adanya kandungan zat besi ini lantas membuat susu juga sangat disarankan untuk dikonsumsi jika Anda ingin terhindar dari yang namanya anemia alias kekurangan darah. 

Sebagaimana yang kita ketahui, zat besi adalah mineral yang fungsi utamanya adalah untuk membantu proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Oleh sebab itu, mencukupi kebutuhan zat besi menjadi suatu keharusan dikarenakan sel darah merah memiliki tugas mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

6. Meningkatkan Imunitas 

Manfaat oat milk lainnya yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan demikian, tubuh tidak mudah terserang penyakit. Khasiat susu gandum dalam meningkatkan imunitas ini tidak lepas dari adanya kandungan vitamin A dan D.

Kedua vitamin tersebut diklaim dapat mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh dalam menangkal serangan penyakit. Sebaliknya, kekurangan vitamin-vitamin tersebut, menurut studi yang dirilis oleh US National Library of Medicine membuat tubuh lebih rentan terserang penyakit dan infeksi.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Kandungan serat pada susu oat dapat membantu menurunkan dan menjaga berat badan, cocok bagi Anda yang kini sedang menjalani program diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Mengapa bisa demikian? Jawabannya tentu saja karena susu gandum diperkaya oleh serat sehat.

Serat ini dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga membuat frekuensi makan bisa lebih terkendali yang mana hal ini diperlukan agar proses penurunan berat badan bisa berlangsung optimal.

8. Mencegah Diabetes 

Kandungan serat pada oat milk juga bermanfaat untuk membantu mencegah diabetes karena serat berfungsi untuk menjaga agar kadar gula darah tetap berada dalam batas normal. Sementara bagi para penderita diabetes, susu ini berfungsi untuk mengendalikan gula darah.

9. Merawat Kesehatan Mata 

Kembali lagi ke kandungan vitamin A yang dimiliki oleh susu gandum, manfaat selanjutnya yang bisa didapat dari susus ini adalah mata yang fungsinya senantiasa terjaga. Sebagaimana yang kita ketahui, vitamin A adalah vitamin yang salah satu fungsi utamanya adalah merawat kesehatan mata.

10. Cocok untuk yang Alergi Susu Hewan 

Manfaat terakhir dari susu gandum yang dibahas kali ini adalah, untuk mengakomodir Anda yang alergi terhadap susu sapi atau kambing agar tetap mendapat asupan nutrisi yang hampir sama dengan susu-susu tersebut.Ini juga berlaku bagi Anda yang memang tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang berasal dari hewan (vegan).

 


Membuat dan Kandungan Nutrisi Oat Milk

Saat ini, sudah banyak beredar produk susu oat di pasaran dengan berbagai macam merek dan harga. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri. Berikut adalah cara membuat oat milk yang bisa Anda praktikkan di rumah:

- Siapkan 1 gelas (81 gram) oat bebas gluten dan 3 gelas (710 ml) air. 

- Masukkan kedua bahan tersebut ke dalam blender, kemudian aduk selama beberapa sampai menjadi bubur. 

- Saring oat yang sudah di-blend menggunakan kain saringan (cheesecloth), dan tuangkan ke dalam botol. 

- Simpan botol berisi susu di dalam kulkas selama 5 hari.

Setelah 5 hari, susu gandum pun siap dikonsumsi. Anda dapat menambahkan beberapa bahan seperti madu, vanilla, bubuk kayu manis, atau sirup maple untuk menambah cita rasa susu. Patut dicatat susu gandum tidak kalah dengan susu lainnya, kok. Hal ini dikarenakan pada oat milk terkandung sejumlah nutrisi penting. Setiap 1 gelas susu oat (240 ml) mengandung:

- Kalori: 120 Kkal 

- Vitamin A: 18 persen dari total AKG harian 

- Vitamin B2: 46 persen dari total AKG harian 

- Vitamin B12: 50 persen dari total AKG harian 

- Vitamin D: 18 persen dari total AKG harian 

- Fosfor: 22 persen dari total AKG harian 

- Kalsium: 27 persen dari total AKG harian 

- Potasium: 6 persen dari total AKG harian 

- Zat besi: 2 persen dari total AKG harian 

- Serat: 2 gram - Lemak: 5 gram 

- Karbohidrat: 16 gram.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya