Ada Peluang Transportasi Air di IKN, Ini Kata Gapasdap

Dengan pembangunan di IKN disinyalir dapat meningkatan ekonomi terutama disektor transportasi air. Angkutan air ini dapat menjadi penopang pengiriman logistik yang cepat dan efisien.

oleh Hendro diperbarui 13 Sep 2024, 09:59 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 09:59 WIB
Rakernas Gapasdap
Rakernas Gapasdap tangkap peluang transportasi air di IKN Kalimatan Timur

Liputan6.com, Yogyakarta - Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) berupaya menangkap peluang sektor tersebut di Ibukota Nusantara (IKN). Dengan pengembangan kawasan IKN ke depan disinyalir mampu jadi salah satu andalan peningkatan perekonomian. 

Ketua Umum Gapasdap Khoiri Soetomo mengatakan, pihaknya memang diminta Kementerian Perhubungan RI untuk berpartisipasi dalam membuka lintasan angkutan non darat di IKN. Namun dengan syarat harus pakai armada yang ramah lingkungan. 

"Tentunya harus ada infrastruktur yang disiapkan pemerintah, rasanya masih terlalu jauh karena untuk bangun infrastruktur seperti di Eropa itu tidak murah dan mudah," katanya dalam Rakernas di Jogja, Rabu (11/9/2024). 

Pasalnya, kata Khoiri teknologi yang digunakan sangat canggih di mana kapal tidak lagi menggunakan bahan bakar fosil. Kemudian juga harus ada wireless charger di setiap dermaga untuk mendukung pengisian ulang baterai kapal untuk lancar beroperasi. 

"IKN ini cukup penting ke depan, tapi yang lebih penting adalah logistik bisa ditekan bukan hanya rendah untuk kepentingan perdagangan luar negeri saja, di dalam negeri juga dibutuhkan untuk menyambung 17.000 pulau," jelasnya. 

Di sisi lain, Khoiri menambahkan bahwa pemerintah juga punya pekerjaan rumah untuk menambah dermaga agar tidak terjadi antrean kapal saat mengangkut logistik maupun masyarakat. Sebab, dermaga yang tersedia sekarang disebutnya masih kurang sehingga kerap membuat antrean panjang saat musim liburan. 

"Seperti Merak-Bakauheni ada 68 kapal kalau 1 pasang dermaga 4 kapal dengan 7 pasang dermaga di sana hanya bisa 28 kapal sisa 40 kapal yang bergiliran tunggu jadwal operasi, itu kan mubazir ketika ada libur nasional ada antrean panjang," katanya. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI Irjen Pol. Risyapudin Nursin mendorong agar anggota Gapasdap ke depan memaksimalkan penggunaan teknologi agar lebih transparansi sehingga transportasi air lebih gampang dan bisa diakses oleh masyarakat banyak. 

"Untuk IKN memang butuh angkutan air yang maksimal dan memadai agar akses penyeberangan lebih cepat. Maka kami harap Gapasdap bisa hadir dan kami akan adakan program di 2025 di dermaga baik itu soal keamanan dan keselamatannya," pungkas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya