Kabar Duka, Pendiri Marvell Technology Sehat Sutardja Meninggal Dunia

Pendiri Marvell Technology, Sehat Sutardja dikabarkan meninggal dunia di usia ke-63 tahun.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 19 Sep 2024, 17:06 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 16:51 WIB
Sehat Sutardja di World Economic Forum on East Asia di Jakarta, Indonesia, 2011. Kredit:  World Economic Forum by Sikarin Thanachaiary via Wikipedia
Sehat Sutardja di World Economic Forum on East Asia di Jakarta, Indonesia, 2011. Kredit: World Economic Forum by Sikarin Thanachaiary via Wikipedia

Liputan6.com, Bandung - Pendiri Marvell Technology, Sehat Sutardja dikabarkan meninggal dunia pada usia 63 tahun. Kabar duka tersebut dibagikan langsung melalui situs resmi Marvel Technology dalam sebuah artikel pada Rabu (18/9/2024).

Diketahui artikel tersebut berjudul “Remembering Sehat Sutardja, Marvell Co-Founder”. Melalui artikelnya tertulis bagaimana sosok Sehat Sutardja yang dikenal sebagai seorang pemimpin visioner dan sosok yang disayang oleh banyak orang di Marvell.

Salah satu pendiri Marvell, Sehat Sutardja, adalah seorang pemimpin visioner, insinyur brilian, serta kolega dan teman yang disayangi banyak orang di Marvell,” dikutip pada Kamis (19/9/2024).

Melalui artikel tersebut diceritakan bagaimana perjalanan Sehat Sutardja yang dimulai di Jakarta, tempat ia merakit generator Van de Graaff dan perangkat lain dengan suku cadang dan toko onderdil mobil milik orangtuanya.

Bahkan, ketika di usia muda yaitu saat 13 tahun, dia sudah menjadi teknisi reparasi radio bersertifikat. Sehingga, bakat dan rasa ingin tahunya mulai terlihat dan mendorongnya hingga menempuh pendidikan di Amerika Serikat.

Sehat meraih gelar sarjana teknik elektro di Amerika Serikat tepatnya di Iowa State University. Kemudian, meraih gelar master dan doktor teknik elektro dari University of California, Berkeley.

Professor electrical and computing engineering di UC Davis, Stephen Lewis juga sempat menggambarkan bagaimana sosok Sehat Sutardja sebagai seseorang yang perfeksionis pada IEE Spectrum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mendirikan Marvell Technology

Diskusi Tema A Culture of Innovation di Kongres Diaspora Indonesia
Co-Founder of Marvell Technology Group, Sehat Sutardja berfoto bersama Eliza Sariaatmadja usai diskusi dalam 4th Congress of Indonesian Diaspora di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pada 1995, Sehat Sutardja bersama istrinya Weili Dai dan saudaranya Pantas Sutardja mendirikan perusahaan bernama Marvell Technology. Nama perusahaan tersebut dipilih karena ingin membangun perusahaan yang menciptakan perangkat-perangkat “marvelous”.

Ketika perusahaan tersebut berdiri produk pertamanya berfokus pada pembacaan Channel untuk hard drives yang bisa diproduksi sepenuhnya dengan silikon. Perangkat tersebut mampu mereduksi konsumsi listrik dan biaya produksi dengan menunjang performa tinggi.

Perusahaannya kemudian berhasil berkembang dan langsung menjadi mitra terpercaya untuk sejumlah perusahaan-perusahaan teknologi dunia. Selain itu, Sehat juga telah memegang lebih dari sekitar 440 paten.

Sosoknya dijuluki sebagai “Investor of the Year” oleh Silicon Valley Intellectual Property Law Association. Kemudian mendapatkan julukan “Fellow of IEEE” serta meraih predikat sebagai “Indonesian Diaspora Livetime Achievement Award for Global Pioneering and Innovation”.


Profil Singkat Sehat Sutardja

Melansir dari beberapa sumber, Sehat Sutardja dikenal sebagai seorang pengusaha kelahiran 1961 di Indonesia. Sehat, merupakan keturunan etnis Tionghoa-Indonesia dan saat ini lebih banyak tinggal di Amerika Serikat.

Sehat merupakan seorang pendiri dari perusahaan ternama bernama Marvell Technology. Bersama perusahan tersebut dia menjadi Presiden atau Pemimpin Eksekutif sejak 1995 atau ketika perusahaannya berdiri.

Sebelum dikenal sebagai pendiri perusahaan ternama, Sehat awalnya bercita-cita menjadi montir radio karena sejak usia muda sudah menunjukkan bakat dengan membenarkan radio. Kemudian bakatnya dikembangkan dengan menempuh pendidikan sarjana sains.

Pria kelahiran 1961 itu menempuh pendidikan perguruan tinggi dengan berfokus pada jurusan teknik elektrik. Dalam kehidupan pribadinya, Sehat telah resmi menikah dengan Weili Dai.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya