Berkunjung ke 5 Tempat Wisata di Yogyakarta dan Sekitarnya, Cocok untuk Mengisi Akhir Pekan

Jika kamu bingung memilih destinasi wisata yang akan dikunjungi di Yogyakarta, berikut ada beberapa rekomendasi destinasi wisata Yogyakarta dan sekitarnya.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 22 Sep 2024, 05:00 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2024, 05:00 WIB
[reservasi]hutan pinus mangunan
Hutan Pinus Mangunan (eksotisjogja.com)

Liputan6.com, Yogyakarta - Kota Yogyakarta memang terkenal dengan segudang destinasi wisatanya. Terdapat banyak pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan.

Jika kamu bingung memilih destinasi wisata yang akan dikunjungi di Yogyakarta, berikut ada beberapa rekomendasi destinasi wisata Yogyakarta dan sekitarnya. Mengutip dari indonesia.travel, berikut daftarnya:

1. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu pilihan destinasi wisata untuk para wisatawan yang berburu lokasi asri di Yogyakarta. Terletak di Desa Wisata Tembi, Bantul, destinasi wisata ini dihiasi dengan banyak pohon pinus jenis merkusii yang  menjulang tinggi.

Selain itu, terdapat spot-spot foto instagramable yang terbuat dari batang pohon atau kayu. Pengunjung juga bisa befoto di amphiteater serba kayunya yang cantik. Ada juga mata air Bengkung hingga gardu pandang yang disediakan sebagai tempat melihat pemandangan dari atas bukit.

2. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo berlokasi di Jalan Kebun Raya No.2, Kota Gede Yogyakarta. Destinasi wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama si kecil.

Terdapat satwa-satwa unik dan lucu di Kebun Binatang Gembira Loka. Kebun binatang ini sudah melayani banyak wisatawan sejak 1953. Pengunjung bisa memilih berbagai jenis rekreasi yang beragam, seperti Zoo Express untuk keliling area kebun binatang dengan rel, skuter air, jalan-jalan di sekitar kebun menggunakan Ninebot atau roda berjalan, hingga menyentuh satwa air di kolam sentuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tebing Breksi

3. Tebing Breksi

Berkunjung ke Tebing Breksi memungkinkan para pengunjung untuk dapat melihat pemandangan Yogyakarta dan sekitarnya dengan jelas, termasuk tempat-tempat ikoniknya. Destinasi wisata yang berada di Kabupaten Sleman ini bermula dari penambangan batu.

Siapa sangka, kini lokasi ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin mengabadikan pemandangan Yogyakarta dari atas tebing-tebing yang super estetik. Sebuah pengalaman berwisata yang tak terlupakan.

4. Taman Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi ikonik kebanggaan Indonesia yang sudah terkenal di dunia. Terletak di Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, dan berbatasan dengan Provinsi Yogyakarta, candi Buddha terbesar di dunia ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 M. Pembangunannya diperkirakan terjadi pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra.

Dengan kompleks bangunan yang megah bak istana, bangunan ini didirikan dengan gaya Mandala. Gaya tersebut mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha.

5. Taman Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Terletak di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, candi ini diperkirakan telah berdiri sejak abad ke-9.

Jika dilihat dari kejauhan, bangunan candi ini menjulang setinggi 47 meter dengan bentuk seperti kumpulan mahkota. Terlihat sangat megah dan mewah, sehingga sayang untuk dilewatkan.

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya