Investasi Bisa Bayar Pakai RDN Wallet, Cek Caranya

Tanpa perlu pindah aplikasi dan tanpa dikenakan biaya tambahan apapun. Bahkan, bisa mendapat cashback hingga Rp45 juta.

oleh Tim Regional diperbarui 02 Okt 2024, 21:24 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi ekonomi digital. Freepik
Ilustrasi ekonomi digital. Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah RI baru saja meluncurkan SBN seri terbaru: ORI026 dengan masa penawaran pada 30 September pukul 09.00 WIB hingga 24 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB.

ORI026 ditawarkan dengan dua tipe produk, yakni ORI026-T3 untuk tenor tiga tahun dengan imbal hasil (kupon) sebesar 6,30% per tahun serta ORI026-T6 untuk tenor enam tahun dengan kupon sebesar 6,40% per tahun. Adapun kupon akan dibayarkan kepada investor setiap bulan sehingga bisa menjadi passive income.

ORI026 bisa dibeli di Bibit, mitra distribusi SBN Terbaik dari Kemenkeu RI. Pembeliannya pun mudah, bisa melalui aplikasi Bibit selama 24/7 online selama masa penawaran, termasuk saat hari libur atau akhir pekan. Pembelian SBN di Bibit pun semakin mudah dan seamless, dengan metode pembayaran RDN. Tanpa perlu pindah aplikasi dan tanpa dikenakan biaya tambahan apapun. Bahkan, bisa mendapat cashback hingga Rp45 juta.

Imbal hasil ORI026 lebih tinggi dibandingkan bunga deposito bank yang dijamin LPS (yang hanya 3-4% per tahun). Namun dengan pajak lebih rendah dibandingkan deposito (pajak SBN hanya 10%, sedangkan pajak deposito 20%).

“ORI026 menawarkan imbal hasil/return tetap (fixed rate) yang tetap stabil sampai jatuh tempo, walaupun kondisi ekonomi naik turun. 100% aman dijamin negara. Pembayarannya kupon dan pokoknya dijamin oleh undang-undang. Sehingga, tergolong sangat rendah risiko,” kata Angie Anandita Tjhatra, Head of Marketing Bibit.

Dengan imbal hasil tetap (fixed rate), investor tidak perlu khawatir dengan tren penurunan suku bunga Bank Indonesia (BI). Misalnya nanti suku bunga BI mengalami penurunan lagi, kupon ORI026 tidak akan turun karena bersifat fixed rate/tetap. Sehingga dapat memberikan passive income tetap bulanan yang stabil kepada para investor hingga 3 dan 6 tahun ke depan.

“Sebagai informasi, ORI026 adalah SBN berjenis tradeable yang dapat dijual di pasar sekunder sebelum jatuh tempo, mulai 16 Desember 2024. Artinya, untuk masyarakat yang ingin mencairkan investasi ORI026 lebih awal, ini dimungkinkan. Namun perlu diperhatikan, penjualan ORI026 sebelum jatuh tempo harus tetap melihat ketersediaan pembeli di pasar sekunder. Harga jual di pasar sekunder juga mengikuti harga market, jadi bisa naik ataupun turun,” jelas Angie.

Untuk bisa berinvestasi SBN di Bibit, para pengguna cukup mengklik icon atau banner “Surat Berharga Negara (SBN)” di homepage aplikasi maupun website Bibit. Dalam hal ini, Bibit bermitra dengan Stockbit Sekuritas untuk mengelola pencatatan dan penyimpanan Rekening Dana Investor SBN milik investor. Nantinya, setelah investor melakukan pembayaran untuk transaksi SBN, investor akan menerima bukti transaksi berupa Bukti Penerimaan Negara (BPN). Di dalam BPN, terdapat Nomor Tanda Penerimaan Negara (NTPN) yang diterbitkan langsung oleh negara serta menjadi bukti kepemilikan SBN yang dibeli.

 

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya