Hari Museum Nasional 12 Oktober, Simak Rekomendasi Museum di Jakarta Ini

Hari Museum Nasional bisa dirayakan dengan beragam aktivitas, salah satunya berkunjung ke museum.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 12 Okt 2024, 00:00 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2024, 00:00 WIB
FOTO: Kesunyian Kawasan Kota Tua Saat Libur Lebaran
Suasana area Museum Fatahillah yang sepi di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta, Sabtu (15/5/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup kawasan wisata Kota Tua hingga 16 Mei 2021. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Museum Nasional diperingati setiap 12 Oktober. Peringatan ini menjadi momen penting untuk kembali mengingat bahwa museum memiliki peranan penting sebagai ruang publik dengan segudang manfaat.

Museum tak hanya menjadi tempat edukasi, melainkan sarana melestarikan budaya, kesenian, serta benda-benda bersejarah yang bernilai tinggi. Hari Museum Nasional bisa dirayakan dengan beragam aktivitas, salah satunya berkunjung ke museum.

Berikut rekomendasi museum Jakarta:

1. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara No.3, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Museum ini menawarkan sejarah keuangan dan perekonomian di Indonesia.

Pengunjung bisa melihat diorama metode perbankan pada masa lampau. Selain itu, dijelaskan pula tentang perjalanan perbankan di Indonesia, termasuk saat Indonesia mengalami krisis moneter.

2. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta terletak di kawasan Kota Tua Jakarta, tepatnya di Jalan Taman Fatahillah 1, Jakarta Barat. Museum sejarah ini berlokasi di gedung bersejarah bernama Gedung Batavia.

Pengunjung akan menemukan berbagai sejarah Jakarta sejak zaman kolonial Belanda hingga masa kemerdekaan. Galeri-galeri yang memamerkan lukisan, foto, dan artefak seolah menceritakan perjalanan panjang ibu kota.

3. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia atau yang sering disebut Museum Gajah berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat No.12, Jakarta. Museum ini bakal kembali buka pada 15 Oktober 2024.

Museum Nasional Indonesia adalah salah satu museum terbesar dan paling terkenal di Jakarta. Museum ini memiliki koleksi lebih dari 140.000 artefak yang mencakup berbagai bidang, seperti arkeologi, etnografi, sejarah, seni rupa, dan numismatik.


Berkunjung ke Museum Nasional Indonesia dapat menambah wawasan tentang keberagaman budaya. Pengunjung dapat menemukan artefak-artefak bersejarah, mulai dari naskah kuno, perhiasan, senjata tradisional, dan masih banyak lagi.

Museum Seni Rupa dan Keramik

4. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik berlokasi di Jalan Pos Kota, Jakarta Barat. Museum ini sangat cocok bagi para pencinta seni.

Museum ini memiliki koleksi seni rupa Indonesia dari berbagai era, mulai dari seni klasik hingga seni modern. Adapun koleksi seninya, meliputi lukisan, patung, dan karya seni lainnya yang mencerminkan perkembangan seni rupa di Indonesia.

Sesuai namanya, museum ini juga menampilkan berbagai jenis keramik dari berbagai wilayah di Indonesia. Pengunjung pun dapat menambah wawasan tentang kekayaan seni keramik di Indonesia.

5. Museum Tekstil Jakarta

Museum Tekstil Jakarta berlokasi di Jalan Aipda KS Tubun No.2-4, Jakarta Barat. Museum ini menyimpan sejarah tekstil dan kain tradisional Indonesia. 

Berbagai koleksi tekstil dari seluruh Nusantara ada di sini, termasuk batik, tenun, dan kain tradisional lainnya. Pengunjung juga dapat mempelajari teknik-teknik pembuatan kain tradisional.

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya