BEI Gembok Sementara Perdagangan Saham KONI

Suspensi saham PT Perdana Bangun Pusaka Tbk (KONI) dilakukan di pasar regular dan pasar tunai mulai sesi pertama perdagangan pada 28 April 2021

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 28 Apr 2021, 14:51 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2021, 10:33 WIB
Pasar saham Indonesia naik 23,09 poin
Pekerja mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu perusahaan Sekuritas di Jakarta, Rabu (14/11). Pasar saham Indonesia naik 23,09 poin atau 0,39% ke 5.858,29. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia Tbk (BEI) menghentikan sementara perdagangan (suspensi) saham PT Perdana Bangun Pusaka Tbk (KONI) atau saham KONI pada Rabu, (28/4/2021).

Mengutip keterbukaan informasi, BEI suspensi saham KONI seiring peningkatan harga kumulatif yang signifikan.

Suspensi saham KONI dilakukan di pasar regular dan pasar tunai mulai sesi pertama perdagangan pada 28 April 2021 hingga pengumuman bursa lebih lanjut.

"Bursa mengimbau kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perseroan," seperti dikutip dari keterbukaan informasi BEI yang diteken Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Lidia M.Panjaitan dan Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI Irvan Susandy.

Selain itu, BEI juga memantau pergerakan saham PT ICTSI Jasa Prima Tbk (KARW). Hal ini seiring terjadi peningkatan harga dan aktivitas saham KARW yang di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA).

Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan ada pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di pasar modal.

Informasi terakhir mengenai perusahaan tercatat adalah informasi pada 19 April 2021 yang dipublikasikan melalui website BEI terkait penjelasan atas volatilitas transaksi.

Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham KARW, BEI sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini. Oleh karena itu, para investor diharapkan untuk:

-Memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa

-Mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya

-Mengkaji kembali rencana aksi korporasi perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS

-Mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum mengambil keputusan investasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


Gerak Saham KONI

FOTO: PPKM Diperpanjang, IHSG Melemah Pada Sesi Pertama
Petugas kebersihan bekerja di depan layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Transaksi bursa agak surut dengan nyaris 11 miliar saham diperdagangkan sebanyak lebih dari 939.000 kali. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Berdasarkan data RTI, pada 27 April 2021, saham KONI naik 25 persen ke posisi Rp 1.975 per saham. Saham KONI berada di level tertinggi Rp 1.975-Rp 1.970.

Total frekuensi perdagangan saham 27 kali dengan nilai transaksi Rp 46,2 juta. Dalam dua hari saja pada 26-27 April 2021, saham KONI melonjak 56,13 persen.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya