GoTo Tawarkan Saham Gotong Royong pada Karyawan

GoTo ingin memperluas manfaat kepemilikan saham GoTo kepada para mitra driver, konsumen dan juga seluruh karyawan.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 15 Mar 2022, 13:18 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2022, 13:18 WIB
Kolaborasi GoTo Digadang Perkuat UMKM
Sinergitas Gojek dan Tokopedia disebut-sebut mampu mendukung digitalisasi UMKM di Indonesia sehingga mampu memperluas jaringan pasarnya. (Dok: GoTo)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai bagian dari penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO), PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk meluncurkan program saham gotong royong. Inisiatif tersebut dimaksudkan untuk memberikan dampak sosial positif yang maksimal.

Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Andre Soelistyo menuturkan, sejak awal berdiri, perusahaan bermimpi untuk memperluas manfaat kepemilikan saham GoTo kepada para mitra driver, konsumen dan juga seluruh karyawan.

Menurut Andre,pihak-pihak tersebut terlibat dan tumbuh bersama membangun GoTo. Sehingga perusahaan ingin pihak-pihak tersebut juga menikmati kesuksesan dari kerja keras mereka membangun GoTo. Salah satunya mendapat manfaat ekonomi dari kepemilikan saham perusahaan.

"Oleh karena itu kami berencana meluncurkan program Saham Gotong Royong yang merupakan salah satu program saham yang paling inklusif di dunia," kata Andre dalam Public Expose, Penawaran Saham Perdana PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Selasa (15/3/2022).

Program saham gotong royong terdiri dari, pertama, program inisiatif pemberian saham kepada mitra pengemudi (driver). Kedua, program untuk konsumen dan pedagang. Ketiga, program rencana inisiatif jangka panjang long term incentive plan program) yang akan memberikan kesempatan kepada setiap pihak yang terlibat dalam ekosistem perusahaan untuk mendapatkan manfaat ekonomi dari penawaran umum perdana saham.

"Di penawaran saham umum perdana, kami juga akan memberikan prioritas pemesanan saham melalui alokasi saham pasti kepada merchant serta konsumen yang memenuhi syarat,” kata Andre.

Ia menambahkan, seluruh karyawan tetap telah menjadi peserta program opsi saham karyawan atau share option program (SOP). Hal ini diharapkan akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang memberikan dampak positif jangka panjang bagi perusahaan dan ekosistem perusahaan.

"Kami berharap program ini dapat menghasil rasio jumlah investor baru di Indonesia sesuai dengan visi dari Bursa Efek Indonesia," ujar dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Program Konsumen dan Pedagang

Gojek dan Tokopedia bentuk GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia.
Gojek dan Tokopedia bentuk GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia.

Mengutip prospektus perseroan, GoTo menawarkan kesempatan bagi konsumen dan pedagang dalam ekosistem perusahaan untuk mendapatkan suatu alokasi saham jatah pasti sampai dengan 4,3 miliar saham seri A sehingga konsumen dan pedagang tersebut memiliki prioritas  untuk memesan saham emiten pada harga penawaran (program konsumen dan pedagang).

Alokasi saham jatah pasti untuk program konsumen dan pedagang merupakan bagian dari porsi penjatahan pasti.

Program Konsumen dan Pedagang ini merupakan salah satu bentuk penghargaan dari Emiten atas loyalitas dan kontribusi konsumen dan pedagang tersebut terhadap kemajuan ekosistem Perusahaan.

Konsumen dan pedagang yang dapat berpartisipasi dalam Program Konsumen dan Pedagang ini adalah konsumen dan pedagang yang memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan oleh Emiten dan bukan merupakan pihak yang dilarang untuk mendapatkan penjatahan pasti sebagaimana dimaksud dalam Peraturan No. IX.A.7. Penjelasan lebih lanjut mengenai pihak yang dilarang untuk mendapatkan penjatahan pasti dapat dilihat pada bagian dari Bab XVII dalam Prospektus ini dengan judul “Penjatahan Saham Yang Ditawarkan.”

Saham jatah pasti yang dialokasikan kepada peserta Program Konsumen dan Pedagang bersifat t idak wajib, dengan demikian apabila terdapat sisa saham yang tidak diambil bagian oleh peserta Program Konsumen dan Pedagang, sisa saham tersebut akan ditawarkan kepada Masyarakat.

Program Konsumen dan Pedagang ini merupakan bagian dari Program Saham Gotong Royong. Pembahasan lebih lanjut mengenai Program Saham Gotong Royong dapat dilihat pada bagian dari Bab IX dalam Prospektus ini dengan judul “Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.”

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya