Ini Penjelasan Aming soal Ikut Parade Gay di New York

Aming memberikan penjelasannya soal keikutsertaan dalam parade gay di New York yang menghebohkan Tanah Air.

oleh Firli Athiah Nabila diperbarui 14 Jul 2015, 11:00 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2015, 11:00 WIB
20140918-Aming di Pameran Foto Jerry Aurum-Jakarta 1
Aming (Liputan6.com/Panji Diksana)

Liputan6.com, Jakarta Aming Supriatna Sugandhi atau yang akrab disapa Aming menghebohkan pemberitaan Tanah Air beberapa waktu lalu. Namanya langsung menjadi perbincangan lantaran beredar foto Aming di media sosial memakai kostum unik mengikuti parade yang diadakan di New York, Amerika Serikat.

Sebenarnya festival yang dihadiri aktor sekaligus komedian itu bukanlah parade gay melainkan sebuah parade layaknya festival budaya di New York City. Hal itu dikatakan Aming kepada tim VOA Indonesia di New York, baru-baru ini.

Pria berusia 34 tahun tersebut memberi penjelasan tentang kebenaran keikutsertaannya dalam parade di New York City. Aming pun mengibaratkan kehadirannya seperti datang ke konser musik.

"Wah itu ibaratnya begini, ya. Misalnya ada orang bikin acara pentas musik, terus ada orang yang sengaja datang untuk ikut nonton musik, lalu ada orang yang nggak sengaja lewat, eh ternyata ada acara musik. Nah, saya juga kayak begitu. Datang ke sini kebetulan ada acara parade. Jadi berita yang ngomong saya ke Amerika untuk mendukung LGBT, itu fitnah. Sementara fitnah itu 'kan nggak boleh. Apalagi ini, kan lagi bulan puasa. Seharusnya kan menjaga hati, jaga pikiran," ungkap Aming seperti dikutip dari VOA Indonesia.

Aming (Liputan6.com/Panji Diksana)

Foto Aming tersebut pertama kali muncul di akun Instagram Chef Priscilya akhir Juni lalu. Hanya beberapa saat usai foto tersebut diunggah, publik pun ramai membicarakan Aming yang dianggap sengaja ikut merayakan pengesahan Undang-undang Pernikahan Sejenis. Padahal, ia sama sekali tak ada rencana mengikuti parade tersebut.

"Saya itu ada di Amerika dari 23 Juni lalu. Tujuannya ada tiga. Pertama mencari sekolah S2. Terus mau bikin usaha bareng sahabat-sahabat saya, Chef Priscil dan Vicko. Dan ketiga saya mau berkesenian di sini. Nah tiba-tiba ada teman saya bilang, `Ming ayo ikut, ada NYC Pride (parade NYC).` Bukan Gay Pride. Artinya ini adalah parade bagi publik kota New Yok untuk merayakan kebebasan berekspresi. Eh, kebetulan ini pas dengan dilegalkannya pernikahan sejenis. Yah, mana saya tahu," tandas Aming.(Fir/Mer)

Baca juga:

Aming Ikut Parade Gay di Amerika S‎erikat, Ini Penjelasan Manajer

Aming Ingin Tinggal Di Amerika Bukan Karena UU Pernikahan Sejenis

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya