6 Fakta tentang Ferdian Paleka, YouTuber yang Beri Sembako Isi Sampah ke Waria

Seperti apa sosok Ferdian Paleka membuat geram banyak pihak setelah ia mengunggah video bagi-bagi sembako abal-abal kepada para waria?

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 04 Mei 2020, 20:30 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2020, 20:30 WIB
Ferdian Paleka. (Foto: Instagram @ferdianpalekawibisana)
Ferdian Paleka. (Foto: Instagram @ferdianpalekawibisana)

Liputan6.com, Jakarta - Publik tengah dibuat heboh oleh Ferdian Paleka, Youtuber yang membuat konten prank di Bandung, Jawa Barat. Aksinya membuat geram banyak pihak setelah mengunggah video bagi-bagi sembako abal-abal kepada para waria selama masa wabah Covid-19.

Dalam kontennya, Ferdian Paleka dan teman-temannya mengisi batu serta tumpukan sampah untuk dimasukkan ke dalam kardus mie instan. Kepada sejumlah waria dan anak-anak, mereka menyebut kardus tersebut berisi sembako.

Setelah membagikan kardus tersebut pada malam hari, Ferdian Paleka dan teman-temannya kabur dengan mobilnya.

Mereka lalu tertawa dan berdalih bahwa para waria serta anak-anak tersebut tak mematuhi protokol pembatasan sosial berskala besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mendapat Kecaman

Ferdian Paleka.
Ferdian Paleka. (Instagram/ ferdianpalekaa)

Alih-alih mendapat tanggapan baik, Ferdian Paleka justru dihujat oleh warganet. Di Youtube saja, ia mendapat banyak komentar negatif bahkan kecaman.

Tak hanya warganet, sejumlah figur publik termasuk deretan selebriti juga ikut memprotes aksi Ferdian tersebut.


Prank Minta Maaf

Puncaknya, warganet semakin geram ketika Ferdian membuat video permintaan maaf. Namun pada akhir kalimatnya, sambil tertawa ia menambahkan, "Tapi bohong!"


Dilaporkan Waria

Para waria yang menjadi korban prank Ferdian pun melaporkan kejadian yang menimpa mereka. Kini, polisi tengah turun tangan untuk mengamankan Ferdian.


Fakta-Faktanya

Nah, dari kejadian tersebut rasanya mungkin jadi banyak yang ingin tahu fakta seputar Ferdian Paleka. Yuk kita ikuti deretannya berikut ini.


1. Sejak 2019

Ferdian Paleka. (Foto: Instagram @ferdianpalekaa)
Ferdian Paleka. (Foto: Instagram @ferdianpalekaa)

Di dunia YouTube, Ferdian Paleka tergolong baru. Ia aktif sejak November 2019 dengan dua akun, yaitu atas namanya dan akun Paleka Present. Namun beberapa kontennya membuat ia sempat memiliki subscriber puluhan ribu.


2. Konten Dunia Malam

Dalam mengisi konten, Ferdian Paleka terkadang berbuat nekat dengan menelusuri dunia mala. Tak tanggung-tanggung, ia pernah merekam percakapan dengan pekerja seks komersial (PSK) sampai membeberkan tarif.


3. Nama Kakak

Dalam sebuah pernyataan di vlog-nya, diketahui Paleka bukanlah nama asli pemuda 20 tahun ini. Nama aslinya Ferdiansyah. Paleka merupakan nama belakang kakaknya yang sudah meninggal dunia.


4. Kosakata Kasar

Bersama teman-temannya, Ferdian juga kerap berbicara dengan kata-kata kasar. Beberapa kosakata bahkan tak disensor saat akan diunggah ke kanalnya.


5. Bikin Geram Reza Arap

Youtuber gaming yang juga vokalis band Weird Genius sempat menghujat konten Ferdian mengenai tarif PSK. Di Twitter saja, Reza mengaku enggan melihat wajah Ferdian.

“Beberapa bulan lalu dia menggunakan pekerja seks sebagai konten. Saya marah dan dia minta maaf, kemudian dia memblokir saya. Saya harap dia masuk penjara,” kata Reza dalam sebuah kicauan di Twitter.

 


6. Menantang Hujatan

Satu lagi fakta menarik dari Ferdian adalah keberaniannya untuk menantang hujatan dari warganet dan selebgram Tanah Air. Bahkan, salah satu teman Ferdian mengklaim bahwa mereka tak takut dengan segala ancaman.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya