3 Artis Termasuk Vicky Zhao yang Kontennya Dilenyapkan dari Platform Daring China dalam Sebulan Terakhir

Sepanjang bulan Agustus, ada tiga artis yang jejaknya dihapus dari platform China. Vicky Zhao menjadi yang terakhir mengalaminya.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 02 Sep 2021, 18:00 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2021, 18:00 WIB
Vicky Zhao atau Zhao Wei. (Instagram/ vicki_zhaowei)
Sepanjang bulan Agustus, ada tiga artis yang jejaknya dihapus dari platform China. Vicky Zhao menjadi yang terakhir mengalaminya. . (Instagram/ vicki_zhaowei)

Liputan6.com, Beijing - Sepanjang pekan ini, ada sebuah misteri yang meliputi aktris Vicky Zhao. Hal ini terkait dengan dihapusnya konten terkait pemeran Putri Huan Zhu ini dari platform China.

Dilansir dari The Hollywood Reporter pada Kamis (2/9/2021), rekam jejak wanita 45 tahun ini lenyap dari berbagai platform daring di China sejak pekan lalu.

Mulai dari konten video, media sosial Weibo, hingga credit namanya dari film dan acara TV. Padahal wanita dengan nama lain Zhao Wei ini adalah aktris kondang di negaranya. 

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alasan Tak Jelas

Vicky Zhao
Seluruh konten Vicky Zhao dihapus oleh pemerintah Tiongkok (Foto: Instagram/@vicki_zhaowei)

Fortune melaporkan bahwa penghapusan ini adalah perintah dari Badan Administrasi Radio dan Pertelevisian Nasional, regulator untuk industri hiburan. Namun alasan di balik hal ini, sampai sekarang belum jelas benar. Ada yang mengaitkannya dengan skandal saham Alibaba yang melibatkannya dan sang suami, Huang Youlong. 

Entah kebetulan atau tidak, salah satu aktor yang dikabarkan teken kontrak dengan perusahaannya, Zhang Zhehan, juga mengalami nasib serupa baru-baru ini. 


Zhang Zhehan

Zhang Zhehan dalam Mian Ju. (Tencent via IMDb)
Zhang Zhehan dalam Mian Ju. (Tencent via IMDb)

Diwartakan Global Times, masalah ini awalnya membelit Zhang Zhehan karena ia diketahui mengunjungi Kuil Yasukuni di Jepang. Kuil ini menjadi kontroversial di China, karena dinilai memberikan penghormatan kepada sejumlah penjahat perang Jepang. 

Bintang film pendek Mian Ju yang disutradarai Vicky Zhao ini sudah minta maaf, tapi hal itu seperti sia-sia belaka. Ia menuai kemarahan di internet, sementara Asosiasi Seni Pertunjukan China mendorong untuk memboikotnya. Tindakannya dinilai sangat tak layak dan dapat memberi pengaruh buruk kepada generasi muda. 


Dianggap Tak Ada

Zhang Zhehan dalam Ge (Brother). (Tencent via IMDb)
Zhang Zhehan dalam Ge (Brother). (Tencent via IMDb)

Akhir Agustus lalu, semua drama yang ia bintangi seperti Demon Girl and Word of Honor, diturunkan dari platform streaming. Lagu-lagu dan bahkan profilnya sebagai seorang artis, dihapus dari QQ Music dan NetEase. 

Sementara bila nama Zhang Zhehan dicari di platform Mango TV, hasil yang keluar adalah "Orang ini tidak ada."


Kris Wu

Kris Wu. (Instagram/ kriswu)
Kris Wu. (Instagram/ kriswu)

Artis terakhir yang mengalami hal serupa adalah Kris Wu. Pertengahan Agustus lalu, muncul pengumuman secara resmi dari kejaksaan bahwa mantan anggota EXO ini ditangkap atas kasus kekerasan seksual. Tak lama kemudian, konten yang terkait dengannya langsung dihapus. 

Menurut China Netcasting Services Association, sehari setelah pengumuman ini disampaikan, ada 1,9 juta video pendek yang terkait dengan Kris Wu dihapus dari internet. Selain itu ada 7 ribu program video terkait pria 30 tahun ini yang bernasib serupa.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya