Doni Salmanan Divonis 4 Tahun Penjara, Hotman Paris: Di Mana Hukum, Apa Yang Terjadi dengan Negara Ini?

Hotman Paris mengkritisi keputusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bale Bandung yang memvonis Doni Salmanan 4 tahun penjara. Ia lolos dari pasal TPPU.

oleh Wayan Diananto diperbarui 17 Des 2022, 13:30 WIB
Diterbitkan 17 Des 2022, 13:30 WIB
Doni Salmanan pakai baju tahanan.
Doni Salmanan (Sumber: KapanLagi.com/Bayu Herdianto)

Liputan6.com, Jakarta Hotman Paris mengaku pusing mendengar kabar Doni Salmanan hanya divonis 4 tahun penjara dan denda 1 miliar rupiah, subsider 6 bulan kurungan atas kasus investasi bodong berkedok platform Quotex.

Ketua Majelis Hakim Achmad Satibi menyatakan terdakwa kasus Quotex itu tak terbukti secara sah dan meyakinkan dalam dakwaan Tindak Pidana Pencucian Uang atau TPPU. Patut diduga, ini membuat vonis enteng.

Hotman Paris lantas memperingatkan, Doni Salmanan berpotensi tak menjalani hukuman 4 tahun penjara itu secara penuh, mengingat ada peluang bebas bersyarat dan remisi hari besar maupun hari raya keagamaan.

“Kalau 4 tahun penjara, berarti sesuai dengan undang-undang, berarti nanti sesudah dijalani dua per tiga dia berhak bebas bersyarat. Artinya, nanti sesudah dijalani dua tahun tiga bulan, dia sudah bisa bebas bersyarat,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2 Tahun 3 Bulan

Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)
Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

“Bahkan dua tahun tiga bulan pun bisa berkurang lagi dengan remisi-remisi hari besar dan keagamaan,” Hotman Paris menyambung, lewat video yang diunggah di akun Instagram terverifikasi, Jumat (16/12/2022).

Kalau sudah begini, para korban kasus Quotex disarankan tidak kaget jika dalam dua-tiga tahun kedepan Doni Salmanan bisa menghirup udara bebas alias check out dari Hotel Prodeo.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


What a Beautiful Life...

Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)
Hotman Paris. (Foto: Instagram @hotmanparisofficial)

“Sehingga ada kemungkinan kurang lebih, ya sekitar dua tahunlah dengan uang yang dia raup begitu banyak wow, what a beautiful life. Betapa indah hidupnya!” presenter program Hotroom memperingatkan.

Setelahnya, Hotman Paris mempertanyakan keberadaan hukum dan apa yang terjadi di negeri ini, khususnya di ruang sidang Pengadilan Negeri Bale Bandung, saksi bisu persidangan Doni Salmanan.

 


Di Mana Hukum?

Masih Penuh Senyum, Ini 6 Potret Doni Salmanan yang Sudah Pakai Baju Tahanan
Doni Salmanan (Sumber: KapanLagi.com/Bayu Herdianto)

What is the law? Di mana hukum? Apa yang terjadi dengan negara ini? Apa yang terjadi dengan negara ini?” ia mengakhiri. Diberitakan sebelumnya, Majelis Hakim menilai Doni Salmanan tak terbukti secara sah dan meyakinkan dalam dakwaan TPPU.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara 4 tahun dan denda 1 miliar rupiah dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti kurungan 6 bulan penjara,” kata Achmad Satibi, kami lansir dari Kanal Regional Liputan6.com, kemarin.

Setelahnya, ia menyampaikan, “Menyatakan terdakwa Doni Muhammad Taufik tidak terbukti secara sah melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan kedua (TPPU -red.) penuntut umum, membebaskan dari dakwaan kedua.”

Infografis Ragam Tanggapan Dugaan Banyak Crazy Rich Terlibat Pencucian Uang. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Dugaan Banyak Crazy Rich Terlibat Pencucian Uang. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya