Melaney Ricardo Klarifikasi soal Asumsi Video Minta Pertolongan dengan Kode 4 Jari

Mengapa Melaney Ricardo berulang kali mengacungkan gestur empat jari dalam videonya?

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 22 Jan 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2023, 11:00 WIB
Melaney Ricardo
(Foto: TikTok/ melaney_ricardo)

Liputan6.com, Jakarta - Melaney Ricardo sempat membuat resah warganet melalui video yang diunggahnya ke media sosial. Banyak pihak yang menangkap sinyal bahwa presenter terkenal ini sedang mengirim kode meminta pertolongan.

Dalam video tersebut, istri Tyson James Lynch ini berulang kali mengacungkan empat jari, dan beberapa kali melirik ke arah kiri. Gara-gara gestur ini, sejumlah warganet menyangka bahwa Melaney Ricardo sedang dalam bahaya.

Tak ingin terjadi kesalahpahaman, Melaney Ricardo akhirnya membuat klarifikasi melalui akun TikTok-nya. Di awal video, dia menyampaikan bahwa kondisinya baik-baik saja.

"Aku ingin menjelaskan bahwa I'm okay Puji Tuhan, alhamdulillah aku dalam keadaan sehat, tidak tertekan, tidak dalam keadaan membahayakan, sampai saat ini aku sehat, bahagia. Banyak banget yang nanya Kak Mel, are you okay? I'm okay," tuturnya.

Selanjutnya, dia menjelaskan soal gestur empat jari yang dianggap sejumlah orang sebagai kode mengirim sinyal bahaya. Rupanya, Melaney Ricardo saja baru tahu tentang makna tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Tahu

Melaney Ricardo
Melaney Ricardo (Instagram/melaney_ricardo)

"Intinya kemarin aku sedang mencoba fitur baru Instagram dan aku banyak memberi tanda empat jari seperti ini. Aku pribadi tidak tahu bahwa ternyata empat jari ini lambang di mana orang mengirim pesan untuk minta pertolongan," terangnya.

"Jadi aku enggak pernah tahu. Kita selalu belajar hal baru setiap harinya bahwa jari empat begini sebenarnya orang bersangkutan yang berbicara itu sebetulnya memberi pesan butuh pertolongan," sambungnya.


Tidak Sengaja

Jadi gestur empat jari yang dibuat oleh Melaney Ricardo sebenarnya adalah sebuah ketidaksengajaan dan tak memiliki maksud tertentu.

"Karena aku enggak tahu, dan tidak sengaja membuat video itu dengan jari empat seperti ini, kenapa aku menggunakan jari empat ini konyol banget sebenarnya. Alasannya karena aku menggunakan kuku palsu dan jempol aku kukunya copot," paparnya.


Kuku Copot

Karena ingin menyembunyikan kuku jempolnya, akhirnya Melaney Ricardo terus menerus memberi gestur empat jari tanpa tahu bahwa ada makna tersirat dari gestur tersebut.

"Jadi aku begini supaya enggak kelihatan bahwa salah satu kukunya copot, jadi aku ngomong begini karena aku enggak tahu bahwa ternyata jari empat ini menunjukkan bahwa meminta pertolongan," tutupnya.

Infografis Skincare Lokal
Infografis Skincare Lokal. (Liputan6.com/Triyasni)  
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya