Dua Belas Ustaz dan Ustazah Masih Berjuang di AKSI Indonesia 2023

Wudhu Skincare Terbaik menjadi materi terakhir Rahman (Maros) di AKSI Indonesia 2023

oleh Aditia Saputra diperbarui 04 Apr 2023, 21:30 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2023, 21:30 WIB
Rahman (Maros) di AKSI Indonesia 2023
Rahman (Maros) di AKSI Indonesia 2023

Liputan6.com, Jakarta Ajang kompetisi dakwah di Indosiar, Akademi Sahur Indonesia (AKSI Indonesia) 2023 telah memasuki babak Top 12 pada episode Selasa, 4 April 2023 dini hari tadi. Di babak ini, dua belas peserta telah dibagi ke dalam tiga kloter yakni Kloter Ar-Rahman, Kloter Ar-Rahim, dan Kloter Al-Malik. 

Masing-masing kloter terdiri dari empat orang peserta yang akan kembali memberikan penampilan terbaik mereka lewat tausiah dengan tema menarik di depan Dewan Juri AKSI Indonesia 2023 yakni Ustaz Solmed, Ustaz Subhki Al-Bughury, Mamah Dedeh, Ustaz Wijiyanto dan Habib Usman. 

Kloter Ar-Rahman yang terdiri dari Azid (Garut), Mansur (Aceh), Rahman (Maros) dan Teguh (Cimenyan) mengawali bergulirnya kompetisi di Babak Top 12 AKSI Indonesia 2023 pagi tadi (4/4). 

Azid (Garut) menjadi peserta pertama yang tampil dari Kloter Ar - Rahman dengan tema “Anak Yang Soleh Idaman Orangtua”. Melalui tema tausiahnya tersebut, Azid berhasil mengumpulkan total skor senilai 475 poin dari kelima  Dewan Juri. 

Pujian pun dilontarkan oleh Ustaz Wijayanto yang merasa puas dengan penampilan Azid kali ini, menurutnya Azid telah memberikan penampilan terbaik sebagai peserta pembuka. 

"Dengan pembawaan yang sesuai serta pengucapan yang cukup jelas sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik," ujar Ustaz Wijayanto. 

 

Inspiratif

Mansur (Aceh) di AKSI Indonesia 2023
Mansur (Aceh) di AKSI Indonesia 2023

Sementara Mansur (Aceh) memilih tema tausiah “Sponsor Sombong Adalah Iblis” yang begitu inspiratif menjadi pengingat bagi semua kalangan. Total skor 479 poin berhasil dikumpulkan Mansur (Aceh) pada penampilannya pagi tadi. 

"Mansur luar biasa sekali terlihat sangat percaya diri hari ini. Penampilan kali ini pun jauh lebih baik dibandingkan penampilan sebelumnya. Tema tausiyah yang sangat inspiratif, semoga  materi yang telah disampaikan oleh Mansur kelak menjadi pengingat kita semua untuk tidak sombong," ujar Ustazah Mamah Dedeh.

 

Mencuri Perhatian

Teguh (Cimenyan) di AKSI Indonesia 2023
Teguh (Cimenyan) di AKSI Indonesia 2023

Kompetisi berlanjut dengan penampilan Teguh (Cimenyan) yang kembali mencuri perhatian kelima Dewan Juri dengan gaya khas retorikanya. Pagi tadi Teguh (Cimenyan) tampil dengan tema “Melatih Diri Untuk Rendah Hati” dan berhasil memperoleh  skor sebesar 477 poin. 

Masukan disampaikan oleh Habib Usman yang menilai tidak perlu intonasi dan suara yang tinggi hingga berteriak saat menyampaikan tausiah karena dapat menguras tenaga. Berbeda dengan Habib Usman, Ustaz Solmed merasa hal tersebut merupakan karakter seseorang sehingga tidak masalah jika ingin mempertahankan hal itu sebagai ciri khas. Meski demikian, keduanya sepakat bahwa Teguh (Cimenyan) sudah memberikan penampilan terbaiknya pagi tadi. 

Penampil terakhir yakni Rahman (Maros) menyampaikan materi tausiahnya yang bertema “Wudhu Skincare Terbaik”. Ustaz yang juga berprofesi sebagai seorang Dokter ini menyampaikan manfaat berwudhu bagi kesehatan lahir dan  batin  dalam kehidupan sehari hari. Untuk materi yang dibawakannya tersebut, Rahman mendapatkan nilai sebesar 475. 

 

Mendapat Apresiasi

Pujian pun disampaikan oleh Ustaz Subhki Al-Bughury yang menilai penampilan dari Rahman perlu mendapat apresiasi karena menggabungkan ilmu syariah dan ilmu terapan atau kedokteran. 

"Disini kita dapat melihat bahwasannya ajaran-ajaran Islam di Al Quran memang selalu berhubungan dengan apa yang ada dalam dunia nyata," tutur Ustaz Subhki.

Hasil akhir polling pemirsa yang diakumulasi dengan persentase nilai dewan juri, terkumpul skor akhir untuk Rahman (Maros) yang harus “Wassalam” dengan perolehan persentase nilai akhir terendah sebesar 21.94%. Teguh (Cimenyan)  berhasil mendapatkan perolehan nilai akhir 24.98% di posisi ketiga. Sementara Azid (Garut) berada di posisi kedua dengan perolehan skor sebesar 26,13% serta Mansur (Aceh)  yang menempati puncak perolehan nilai dengan perolehan nilai sebesar 26,96%.

Rabu dini hari nanti giliran group 2 Kloter Ar-Rahim yang akan berkompetisi di Top 12 AKSI Indonesia 2023. Empat peserta yang masuk dalam Top 12 group 2 kloter Ar-Rahim adalah Azam (Tasikmalaya), Fuad (Maluku), Mamat (Jakarta), dan Rifai (Makassar).  

Indosiar akan menayangkan AKSI 2023 Top 12 Group 2  Kloter Ar-Rahim pada hari Rabu, 5 April 2023 LIVE pukul 02.00 WIB

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya