TRUST Orchestra Kantongi Lisensi dari Studio Ghibli dan Makoto Shinkai, Siap Gelar Konser The Legends 8 Replay 9-10 Maret 2024

TRUST Orchestra akan menggelar pertunjukan orkestra bertajuk The Legends 8 Replay: The World of Studio Ghibli dan Makoto Shinkai, tepatnya pada tanggal 9 dan 10 Maret 2024 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta.

oleh Rosaria Arum Prakoso diperbarui 08 Mar 2024, 12:30 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2024, 12:30 WIB
The Legend 8 Replay
TRUST Orchestra Gelar Konser The Legend 8 Replay. (Sumber: Instagram/@trustorchestra)

Liputan6.com, Jakarta - Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST) tidak pernah kehabisan cara untuk mengenalkan musik orkestra kepada khalayak ramai, utamanya anak muda. Kali ini, TRUST Orchestra akan menggelar pertunjukan orkestra bertajuk The Legends 8 Replay: The World of Studio Ghibli dan Makoto Shinkai, tepatnya pada tanggal 9 dan 10 Maret 2024 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta.

Konser yang turut menjadi bagian dari perayaan ulang tahun ke-10 Ciputra Artpreneur ini akan menjadi rangkaian seri konser The Legends dan menghidupkan kembali melodi-melodi ikonis dari soundtrack Studio Ghibli dan karya-karya legendaris sutradara Makoto Shinkai.

Dr. Nathania Karina, music director sekaligus conductor dari TRUST Orchestra, mengungkapkan lagu-lagu dalam film karya Makoto Shinkai yang didominasi oleh band Radwimps akan banyak diarensemen ulang dengan sentuhan orkestra khas TRUST.

“Kalau yang Makoto Shinkai memang banyak diaransemen yang baru, karena kan memang lagu-lagu film [karya] Makoto Shinkai ini kebanyakan dari [band] Radwimps, dia kan lagunya band. Jadi memang harus diaransemen secara orkestra,” ungkap Nathania saat ditemui dalam acara geladi resik Konser The Legends 8 Replay, pada Kamis (7/3/2024).

Sementara untuk OST Studio Ghibli, perempuan lulusan Music Education Boston University ini menuturkan TRUST Orchestra langsung membeli secara resmi melalui official store-nya kemudian diadaptasi.

“Jadi ada adaptasi sedikit aja karena memang kalo versi aslinya [Studio Ghibli] cukup kompleks banget. Jadi kita adaptasi supaya sesuai dengan tim kita tapi pada dasarnya untuk yang Studio Ghibli memang kita pakai official store,” lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terkait Hak Cipta dan Lisensi

TRUST Orchestra
Gladi Resik TRUST Orchestra Jelang Konser The Legens 8 Replay. (Foto: Liputan6/Rosaria Arum Prakoso)

Selain aransemen, perempuan yang akrab disapa Nia ini ini mengungkapkan salah satu yang menjadi perhatian utamanya kala mengadakan konser orkestra ini adalah terkait hak cipta dan lisensi.

Ia menjelaskan, para musisi, sekalipun itu di ranah komunitas kecil, seharusnya memiliki kesadaran terkait hak cipta. Ia menganggap hal ini sebagai bentuk penghargaan.

“Saya rasa penting banget ya untuk punya awareness bahwa di level komunitas pun, apalagi kita kan juga musisi ya jadi harus bisa banget untuk memikirkan masalah copyright. Karena itu kan bentuk penghargaan, masalah copyright, pembayaran royalti gitu,” terang konduktor perempuan pertama yang pernah memandu Gita Bahana Nusantara (GBN) tersebut.

Oleh karena itu, TRUST Orchestra selalu mengusahakan untuk mengurus segala sesuatunya secara resmi, termasuk pembayaran royalti dan lisensi yang dilakukan dengan baik.

“Jadi kita memang mau di TRUST Orchestra dilakukan dengan baik. Jadi memang semua kita urus secara official, kita bayar royaltinya, kita bayar lisensinya, seperti itu,” lanjutnya.


Kendala yang Dihadapi

TRUST Orchestra
Gladi Resik TRUST Orchestra Jelang Konser The Legens 8 Replay. (Foto: Liputan6/Rosaria Arum Prakoso)

Jelang konser orkestra esok hari, Nia menilai persiapan TRUST Orchestra sejauh ini sudah cukup matang. Ia juga menyebutkan waktu dan kesibukan masing-masing menjadi kesulitan tersendiri bagi dirinya dan pemain TRUST Orchestra.

“Karena ini [TRUST] adalah orkestra komunitas sehingga semua yang duduk di sini berarti ada yang kerja ada yang sekolah ada yang kuliah. Jadi memang kita harus berpacu sama waktu, kayak tadi [gladi resik] kenapa latihan baru bisa jam 6 sore kenapa enggak dari pagi aja, jawabannya ya gampang karena semua harus ngantor dan sekolah,” tuturnya.

Namun, hal ini menjadi tantangan yang dianggap Nia sebagai cambukan agar tidak menyerah dengan keadaan tetapi justru bisa memaksimalkan waktu yang terbatas itu supaya tetap efektif.


Event Mendatang

TRUST Orchestra
TRUST Orchestra saat tampil di The World Orchestra Festival 2019 di Wina, Austria (dok.Trinity Youth Symphony Orchestra)

Salah satu yang menjadikan konser The Legends 8 Replay ini spesial adalah adanya bocoran tema konser selanjutnya, The Legends 10. Hal ini tentu menjadi kabar bahagia bagi para penikmat musik orkestra.

“Tahun lalu, kita kejar 1 tahun adakan 2 konser The Legends. Hopefully nanti di konser besok yang [The Legends 8] Replay ini kita mau umumin tema The Legends 10 kita,” ungkap Nia.

Selain The Legends 10, Nia juga turut membagikan kabar membanggakan lainnya. Orkestra remaja ini akan kembali mengharumkan nama bangsa dengan menjadi perwakilan Indonesia dalam acara The Edinburgh International Festival di Skotlandia pada Agustus 2024 mendatang.

“Kita itu bulan Agustus beruntung banget. Kita akan berangkat ke salah satu festival di Edinburgh Scotland. Kita jadi perwakilan Indonesia di festival Edinburgh itu, semoga sih lancar ya,” pungkasnya.

Sebelumnya, TRUST Orchestra diketahui berhasil membawa pulang Medali Emas di ajang The World Orchestra Festival 2019 di Wina, Austria.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya