Ditemani Angel Lelga, Siti Liza Susuri Warisan Kebudayaan Leluhur

Siti Liza yang ditemani Angel Lela begitu antusias melihat kayaknya budaya Indonesia, mulai pusaka hingga kulinernya.

oleh Julian Edward diperbarui 07 Des 2013, 15:30 WIB
Diterbitkan 07 Des 2013, 15:30 WIB
siti-liza-1312047b.jpg

Ada pemandangan yang berbeda di pelataran Monumen Nasional (Monas), Jumat (6/12/2013). Di sana tengah dihelat Pagelaran Agung Keraton Se-Dunia, yang memamerkan pusaka dan kebudayaan setiap kerajaan yang ada di belahan dunia.

Hal ini menarik minat pelantun lagu melayu Siti Liza. Ditemani Angel Lelga, ia antusias mendatangi satu persatu stand yang mengandung kekayaan budaya warisan leluhur.

"Senang banget bisa keliling lihat budaya-budaya daerah. Tadi juga sudah cobain kuliner. Selama ini kita tahu daerah tapi kita nggak tahu ciri khas nya. Makanya acara ini bagus banget buat pelajari budaya Indonesia. Misalnya di stand wayang tadi, di kasih tahu katanya bikin wayang itu lama lho," ungkap Siti.

Pagelaran Agung Kraton Se-Dunia berlangsung hingga Minggu, 8 Desember 2013. Turut dipamerkan benda bersejarah kerajaan nusantara dan mancanegara. Pameran kereta kencana, workshop pembuatan jamu dan batik nusantara, pagelaran seni dan budaya, serta kuliner khas kerajaan.

Siti dan Angel Lelga juga sempat menaiki kereta kencana kerajaan. "Tadi sempat merenung, kalau jadi orang zaman dulu kayaknya keren ya naik kereta kencana. Indonesia kaya budaya, kalau mau terus digali, pasti masih banyak kebudayaan yang tersimpan," timpal Angel.

Sementara itu, Siti berharap acara seperti ini bisa memertahankan eksistensi budaya leluhur dari kepunahan. "Semoga dengan acara seperti ini tradisi Indonesia jadinya nggak punah. Orang bisa tahu Indonesia isinya apa saja," tandas Siti.(Jul/Mer)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya