Penyaluran Dana Penanganan Corona Covid-19 di Tulungagung Bertahap, Sudah Sampai Mana?

Anggaran untuk penanganan Corona Covid-19 di Tulungagung sudah terkumpul Rp 158 miliar.

oleh Liputan6.com diperbarui 22 Jun 2020, 23:30 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2020, 23:30 WIB
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19
Ilustrasi coronavirus, virus corona, koronavirus, Covid-19. Kredit: Fernando Zhiminaicela via Pixabay

Liputan6.com, Surabaya Anggaran untuk penanganan Corona Covid-19 di Tulungagung sudah terkumpul Rp 158 miliar. Nominal itu diperoleh dari pengalihan anggaran pembangunan daerah.

“Penyaluran dana untuk penanganan Corona Covid-19 itu dilakukan bertahap,” ujar Sukaji, Sekda Tulungagung, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (22/6/2020).

Selama tiga bulan terakhir, dana refocusing atau pengalihan fokus anggaran untuk penanganan Corona Covid-19 di Tulungagung mencapai Rp 32 miliar. Artinya, 20,25 persen anggaran sudah terserap.

Serapan dana terbesar, yakni sekitar 60 persen, untuk pembiayaan kesehatan (kuratif) atau pemenuhian kebutuhan penanganan medis. Selebihnya, untuk jaring pengaman sosial.

Ia menilai serapan masih akan terus terjadi seiring peningkatan kasus dan penanganan multisektoral yang saat ini dilakukan jejaring Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tulungagung. Selain pengajuan anggaran terus masuk, bantuan sosial yang menjadi tanggungan Pemkab masih belum seluruhnya keluar, karena menunggu proses verifikasi final.

Menurut Sukaji, penggunaan dana refocusing dari APBD Tulungagung 2020 bisa saja lebih kecil ketimbang proyeksi yang dipersiapkan pemerintah senilai Rp 502 miliar, apabila pandemi Corona Covid-19 mereda. Sebaliknya jika kian berlarut, kasus terus meningkat dan sebaran kian tidak terkendali dalam jangka lama, dampaknya bisa sangat buruk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya