Siswa SD di Situbondo Demam Bukan Karena Vaksinasi, Tapi...

HMS, siswa SD Negeri 9 Patokan, Kecamatan Situbondo, dirujuk ke RSUD dr. Abdoer Rahem setelah tiga hari usai disuntik vaksin COVID-19 di sekolahnya mengalami demam.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 24 Feb 2022, 14:13 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2022, 14:13 WIB
HMS seorang siswa SDN 9 Patokan Situbondo dilarikan ke rumah sakit pasc vaksinai. (Istimewa)
HMS seorang siswa SDN 9 Patokan Situbondo dilarikan ke rumah sakit pasc vaksinai. (Istimewa)

Liputan6.com, Surabaya - Direktur RSUD dr. Abdoer Rahem Kabupaten Situbondo  Roekmi menyatakan, s iswa SD Negeri 9 Patokan yang demam dan dirawat usai vaksinasi, bukan termasuk kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

"Pasien saat ini sedang dirawat di ICU. Jadi, sebenarnya dari kesimpulan hari ini, pasien (anak SD) ini bukan akibat dari vaksinasi COVID-19," ujar Roekmi, Kamis (24/2/2022). 

Ia menjelaskan, melalui pengkajian tim dokter, siswa kelas tiga SD berinisial HMS itu mengalami kelainan alergi karena mengonsumsi obat-obatan sejak usia satu tahun sampai sekarang. Jika tidak mengonsumsi obat maka kulitnya akan melepuh.

Dengan mengonsumsi obat-obatan sejak umur satu tahun, kata Roekmi, akan banyak dampak yang ditimbulkan, di antaranya keropos tulang, kelemahan fungsi otot, dan kulitnya menjadi tipis.

"Kami juga lakukan pemeriksaan laboratorium, ternyata fungsi livernya meningkat sangat tinggi," ucapnya.

 


Demam dan Lemas

Aparat Keamanan TNI-Polri Melakukan Penyemprotan Desinfektan  di SDN  03 Wonorejo Situbondo Pasca 6 Siswa Dinyatakan Positif Covid-19. (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
Aparat Keamanan TNI-Polri Melakukan Penyemprotan Desinfektan di SDN 03 Wonorejo Situbondo Pasca 6 Siswa Dinyatakan Positif Covid-19. (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Sebelumnya, HMS, siswa SD Negeri 9 Patokan, Kecamatan Situbondo, dirujuk ke RSUD dr. Abdoer Rahem setelah tiga hari usai disuntik vaksin COVID-19 di sekolahnya mengalami demam.

Ketua RT 01/RW 04 Kelurahan Patokan  Holilul Rahman mengatakan bahwa HMS mengalami sakit demam dan lemas usai disuntik vaksin di sekolahnya pada Kamis, 17 Februari 2022.

Setelah pulang dari sekolah usai divaksin, HMS mengeluhkan demam dan pusing serta kaki kirinya tidak bisa digerakkan.

Melihat kondisi siswa kelas tiga SD itu, pihak keluarga kemudian membawa HMS ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya