Banjir Rendam Ratusan Rumah di Pakis Rowo Banyuwangi

Rachmat menyatakan, banjir tidak sampai menimbulkan kerugian yang fatal. Tidak ada korban jiwa.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 25 Mar 2022, 17:34 WIB
Diterbitkan 25 Mar 2022, 17:29 WIB
SDN 1 Kalirejo Banyuwangi terendam banjir (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
SDN 1 Kalirejo Banyuwangi terendam banjir (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

 

Liputan6.com, Banyuwangi - Sedikitnya 160 rumah di Pakis Rowo Banyuwangi terendam banjir dengan ketinggian sekirar 40 sentimeter. Tak hanya rumah, banjir pun juga menggenangi fasilitas pendidikan, alhasil aktivitas sekolah pun terhenti.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banyuwangi Rachmat Ari Pratama mengatakan, banjir terjadi usai wilayah setempat diguyur hujan deras pada Kamis (24/3/2022) malam.

"Drainase tidak mampu menampung volume air sehingga meluap ke pemukiman warga," kata dia, Jumat (25/3/2022).

Rachmat  menyebut  saat ini ketinggian air mulai berangsur surut. Warga setempat bersama sejumlah unsur BPBD dan TNI Polri pun kini mulai melakukan pembersihan sisa-sisa banjir.

Selain itu, bantuan berupa sembako dan makanan pun juga telah diberikan kepada warga setempat.

"Banjir sekarang sudah surut ketinggian saat ini 10 sentimeter. Giat warga saat ini bersih-bersih rumah dan sebagian juga menjemur kasur," ujarnya.

Rachmat menyatakan, banjir tidak sampai menimbulkan kerugian yang fatal. "Tidak ada korban jiwa, kerugian materil pun nihil," tandasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kirim Bantuan

Kapolsek Kota Banyuwangi AKP Kusmin mengatakan, Pihaknya mengirimkan sejumlah bantuan konsumsi kepada warga  terdampak banjir. Bantuan makanan itu diharapkan bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir.

"Karena memang sebagian rumah warga terendam kendati sudah surut harapannya bantuan makanan dapat meringankan masyarakat yang terdampak," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya