Ning Lia, Keponakan Khofifah Punya Kans Jadi Senator Jatim

Potensi keterpilihan keponakan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa itu tergambar dari survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) tentang elektabilitas tokoh publik jika maju pada pemilihan senator 2024.

oleh Liputan6.com diperbarui 10 Mei 2022, 07:15 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2022, 07:15 WIB
Aktivis Perempuan Surabaya Lia Istifhama. (Foto : istimewa)
Aktivis Perempuan Surabaya Lia Istifhama. (Foto : istimewa)

Liputan6.com, Surabaya - Tokoh perempuan Jawa Timur Lia Istifhama mempunyai kans menjadi anggota DPD RI atau senator dari Jatim. Potensi keterpilihan keponakan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa itu tergambar dari survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) tentang elektabilitas tokoh publik jika maju pada pemilihan senator 2024.

Dari survei yang dilakukan ARCI pada 11 hingga 25 April 2022, Lia Istifhama, elektabilitasnya naik signifikan. Meskipun, ning Lia, sapaan akrabnya, belum memiliki jabatan dalam politik dan pemerintahan.

Lia yang saat ini menjabat Ketua DPP Perempuan Tani HKTI Jawa Timur ini elektabilitasnya melonjak di bawah Ketua DPD RI, La Nyalla M Mattaliti.

Dalam survei itu ARCI menyodorkan pertanyaan ke responden, jika Pemilu Pemilihan DPD RI dilakukan saat ini, siapa tokoh Jatim yang anda pilih?

“Hasil Survei kami untuk tokoh publik Jawa Timur jika maju di pemilihan DPD RI, Lia Istifhama diposisi kedua dengan presentase 10,2 %, yang pertama Ketua DPD RI, La Nyalla M Mattaliti dengan presentase 12,7 %," kata Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt, lewat keterangan tertulis, Senin (09/05/2022).

Baihaki mengungkapkan jika populasi Survei ARCI dilakukan pada warga Jawa Timur yang sudah memiliki hak pilih pada pemilu mendatang, dan berumur 17 tahun atau sudah menikah. Dari populasi yang di pilih secara rendom atau Multistage Random Sampling sebanyak 1.200 responden. Dengan margin of error sebesar kurang lebih 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baihaki menjelaskan, responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh tim Surveyer ARCI. Quality Control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen, kemudian sampel idatangi kembali oleh Supervisor atau Spot Chek dalam kualiti kontrol dan tidak ditemukan kesalahan berat. Survei wawancara langsung dilapangan yang di lakukan ARCI sejak 11 hingga 25 April 2022 tersebut.

"Nama Ning Lia Istifhama yang merupakan putri Almarhum KH Masykur Hasyim elektabilitasnya naik signifikan mengejar Ketua DPR RI di pemilu DPD RI," ungkap Baihaki menjelaskan hasil survei ARCI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hasil Survei

DPR Bersolek Jelang Sidang Tahunan dan Perayaan Kemerdekaan
DPR Bersolek Jelang Sidang Tahunan dan Perayaan Kemerdekaan

Berikut hasil Survei ARCI Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI):

1. Lanyala M Mattaliti 12,7 %

2. Dr. Lia Istifhama 10,2 %

3. Ahmad Nawardi 7,5 %

4. Evi Zainal Abidin 7 3 %

5. Abdillah Azis 6,9 %

6. Hj Harbiah 5,7 %

7. Ahmad Nurul Ilmi 5,2 %

8. Abd Qodir Amir 4,9 %

9. Agus Patminto 4,3 %

10. Mohammad Qoderi 3,8 %

11. Saiful Ismail 3,2 %

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya