Cegah Dehidrasi Akibat Cuaca Panas Arab Saudi, Jemaah Calon Haji Diminta Rajin Minum Air Zam-Zam

Jemaah calon haji asal Indonesia diimbau untuk tetap menjaga kesehatan karena cuaca di Arab Saudi saat ini sangat terikdengan suhu mencapai 40 derajat celsius.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 24 Mei 2023, 14:52 WIB
Diterbitkan 24 Mei 2023, 14:42 WIB
Sebanyak 390 jemaah haji Indonesia kloter 1 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah hari ini, Rabu 23 Mei 2023.
Sebanyak 390 jemaah haji Indonesia kloter 1 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah hari ini, Rabu 23 Mei 2023. (Foto: MCH PPIH Arab Saudi 2023)

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah calon haji 2023 asal Indonesia diimbau untuk tetap menjaga kesehatan karena cuaca panas di Arab Saudi saat ini yang mencapai suhu 40-45 derajat celsius.

Ketua Perhimpunan Kekarantinaan Kesehatan Indonesia Lucky Tjahjono menyarankan jemaah calon haji meminum air zam-zam setidaknya segelas sebelum shalat wajib demi mencegah terkena dehidrasi selama beribadah.

"Sebelum shalat minum, segelas. Tapi, minumnya jangan yang dingin," kata Lucky di Jakarta, Rabu (24/5/2023), dikutip dari Antara.

Menurut Lucky, jemaah calon haji asal Indonesia umumnya menyukai air zam-zam yang dingin, sementara meminum air dingin saat cuaca panas bisa memicu batuk dan radang tenggorokan. 

Selain air zam-zam, asupan lain yang juga disarankan yakni konsumsi tiga butir kurma misalnya setiap pagi dan sore hari sebagai sumber energi, dan vitamin.

Kementerian Kesehatan sejak beberapa tahun belakangan mengadakan gerakan minum air bersama, terutama air zam-zam dan air mineral, bagi para jemaah haji supaya mereka tidak mengalami dehidrasi.

Berkegiatan di luar ruang dapat menempatkan seseorang pada risiko terkena dehidrasi, yang terkadang ini tidak disadari sebelum muncul gejala seperti mudah lelah, kulit kering, pusing hingga pingsan.

Agar gejala-gejala itu tidak terjadi, Lucky sekali lagi mengingatkan khususnya bagi mereka yang menjalankan ibadah haji untuk sering minum, misalnya usai pulang dari masjid.

"Setiap ke masjid minum, pulang dari masjid minum, sedikit-sedikit bagus. Bahkan bawa tumbler  (tempat minum), jangan menunggu haus. Waktu perjalanan minum menjaga supaya jangan sampai dehidrasi," kata Lucky.

 


Vaksin Meningitis

Jemaah Haji di Bandara King Abdul Aziz, Arab Saudi
Jemaah haji antre untuk pemeriksaan papsor setibanya di Bandara King abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Minggu (7/7/2019). Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam ke-5 dan dianggap pondasi wajib bagi orang-orang beriman yang mampu dan merupakan dasar dari kehidupan Muslim. (Amer HILABI/AFP)

Selain mengenai pencegahan dehidrasi saat ibadah haji, Lucky juga mengingatkan jamaah calon haji untuk mendapatkan vaksin meningitis setidaknya dua pekan sebelum keberangkatan, mengingat selama beribadah di Tanah Suci berisiko berkontak dengan jamaah dari daerah endemis meningitis seperti Afrika, khususnya sub-sahara.

Suhu udara di Arab Saudi saat musim haji bisa saja panas dan kering sehingga jamaah, selain minum air, juga perlu mengoleskan pelembap misalnya yang memiliki kandungan petroleum jelly khususnya di bibir dan kaki.

Infografis Syarat Jemaah Berangkat Haji 2022
Infografis Syarat Jemaah Berangkat Haji 2022 (Liputan6.com/Trie Yas)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya