Resmi Besut Persebaya, Josep Gombau Diharap Bisa Debut Saat Lawan Madura United Akhir Pekan Ini

Manajer Persebaya Surabaya Yahya Alkatiri berharap pendaftaran nama pelatih baru Bajol Ijo Josep Gombau ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) bisa segera selesai, sebelum pertandingan melawan Madura United, pada 17 September 2023.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 15 Sep 2023, 18:04 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2023, 18:04 WIB
Madura United, Persebaya Surabaya, BRI Liga 1
Duel antara Lee Yujun dan Muhammad Hidayat saat Madura United berhadapan dengan Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2022/2023, Minggu (29/1/2023). Persebaya menang 2-0 dalam laga di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan. (Dok. Persebaya)

 

Liputan6.com, Surabaya - Manajer Persebaya Surabaya Yahya Alkatiri berharap pendaftaran nama pelatih baru Bajol Ijo Josep Gombau ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) bisa segera selesai, sebelum pertandingan lanjutan BRI Liga 1 melawan Madura United, pada 17 September 2023. 

"Alhamdulillah pelatih baru sudah datang, sudah kami daftarkan sebenarnya pada hari itu, semoga sebelum pertandingan besok sudah clear semuanya di LIB," ucapnya, Jumat (15/9/2023). 

Kemungkinan besar, Gombau akan dibawa saat tim yang berjuluk Bajol Ijo tersebut bertandang ke Madura. 

"Nanti di Madura Insya Allah ikut," katanya. 

Yahya menjelaskan, manajemen akhirnya menjatuhkan pilihan ke pelatih asal Spanyol tersebut karena dilihat dari segi pengalamannya. 

"Selain banyak pengalamannya, Josep Gombau yang cocok untuk membangun Persebaya secara keseluruhan," ujarnya. Oleh karena itu, manajemen Persebaya segera mematenkan kontrak mantan pelatih klub asal Liga Super India Odisha FC tersebut. 

"Kami sudah patenkan selama satu musim, nanti kami lihat perkembangan berikutnya," tuturnya. 

Sementara, lanjutnya, untuk status dari pelatih carteker Persebaya Uston Nawawi akan segera diumumkan melalui ofisial. 

"Untuk status Uston Nawawi nanti dilihat saja pengumumannya official," kata Yahya. 

Selain itu, dirinya berpesan agar para pemain dari klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo tersebut dapat bermain baik dalam setiap laga. 

"Kami dari manajemen ingin setiap Persebaya bertanding harus tampil dengan baik dan menang," ujarnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Josep Hombau Berlisensi UEFA Pro

Bonek Mania
Aksi Bonek, suporter Persebaya, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (Bola.com/Aditya Wany)

Hingga saat ini, menurut situs data sepak bola Transfermarkt, pemilik nama lengkap Josep Gombau Balague saat ini statusnya tanpa klub. 

Selain itu, pelatih kelahiran Juni 1976 tersebut sudah memiliki lisensi UEFA Pro. Klub terakhir yang dia latih ialah Odisha FC asal Liga Super India. 

Pelatih yang dinaungi agen DV7 Management tersebut pernah melatih Espanyol dari junior, scout hingga direktur teknis. 

Selanjutnya, dia ke Barcelona sebagai pemandu bakat pemain muda dan asisten pelatih. Selain itu, dirinya juga pernah melatih di Timnas Australia di kategori U-24 bahkan senior. 

Klub lainnya yang pernah ia latih adalah Kitchee SC (Hong Kong), Adelaide United FC (A-Leauge Australia), WS Wanderers FC (A-Leauge Australia), Queensboro FC (USL, Amerika Serikat) dan Odisha FC (Liga Super India).

Infografis 10 Insiden Paling Mematikan di Sepak Bola Dunia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 10 Insiden Paling Mematikan di Sepak Bola Dunia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya