Bos Cantik Facebook: Sebelum Meninggal, Siapkan Ahli Waris Medsos

Facebook sendiri saat ini telah memiliki fitur bernama Legacy Contact alias kontak warisan.

oleh Adhi Maulana diperbarui 29 Sep 2015, 14:53 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2015, 14:53 WIB
Bos Cantik Facebook: Sebelum Meninggal, Siapkan Ahli Waris Medsos
Facebook sendiri saat ini telah memiliki fitur bernama Legacy Contact, alias kontak warisan.

Liputan6.com, Jakarta - Manager Product Security Facebook, Melissa Luu-Van, memiliki sejumlah tips aman berinternet bagi para pengguna. Namun, salah satu tips yang ia berikan tampak cukup aneh dan terkesan mengerikan. Apa itu?

Menurut Melissa, para pengguna harus memiliki orang tepercaya untuk menjadi ahli waris akun-akun digital (termasuk email dan media sosial) sebelum meninggal. Hal ini sebagai bentuk antisipasi jika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Salah satunya seperti pembajakan akun media sosial untuk tujuan kriminal.
Manager Product Security Facebook, Melissa luu-Van, mengatakan ada lima hal yang harus dipikirkan netizen ketika menggunakan internet.
"Hal ini super penting untuk dipertimbangkan, meski ini bukan sesuatu yang umumnya Anda pikirkan. Anda perlu menyiapkan cara bagi seseorang untuk mengurus berbagai hal jika sesuatu terjadi pada Anda," kata Melissa seperti yang dikutip dari laman Business Insider, Selasa (29/9/2015).

Ia melanjutkan, "Apakah Anda ingin orang asing dapat mengakses akun media sosial pribadi dan mengelolanya atas nama Anda? Tentu jawabannya adalah tidak. Ada banyak hal mengerikan yang mungkin terjadi karena itu."

Facebook saat ini telah memiliki fitur bernama Legacy Contact alias kontak warisan yang memungkinan orang-orang tepercaya untuk bisa mengurus akun Anda setelah meninggal.

Menurut penjelasan Melissa, awalnya kebijakan Facebook adalah membekukan akun pengguna yang sudah meninggal. Akan tetapi, semakin banyak permintaan dari pengguna yang menginginkan akun media sosial mereka tetap "hidup" meski mereka telah tiada.

Salah satu alasannya adalah, para pengguna ingin kehidupan mereka bisa terus dikenang oleh pihak kerabat dan keluarga yang ditinggalkan.

(Dhi/Isk)*

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya