3 Jenis Sistem Operasi Smartphone Berdasarkan Karakter, Kamu yang Mana?

iOS, Android, atau BlackBerry? Coba pilih berdasarkan karakter dalam ulasan berikut ini.

oleh Jeko I. R. diperbarui 18 Jul 2018, 06:30 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2018, 06:30 WIB
iOS
Ilustrasi iOS dan Android. (Sumber: Best Android Apps)

Liputan6.com, Jakarta - Dulu, ada beberapa alternatif sistem operasi smartphone yang hadir di pasaran, mulai dari iOS, Android, BlackBerry, hingga Windows Phone. 

Namun, sejak Microsoft mengumumkan memberhentikan pembaruan pada Windows Phone, persaingan semakin didominasi Apple dan Google dengan iOS dan Android-nya. Sementara sistem operasi BlackBerry masih tetap berjuang mendapatkan tempat di hati pengguna setianya.

Banyak pengguna pemula merasa bingung ketika memilih jenis sistem operasi smartphone yang cocok untuk mereka.

Berikut adalah ulasan singkat sistem operasi smartphone yang tepat dan sesuai dengan kepribadian dan karakter calon pengguna. iOS, Android, atau BlackBerry? Coba pilih berdasarkan karakter dalam ulasan berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. iOS

Ilustrasi IOS
Ilustrasi IOS (iStockPhoto)

Hampir semua model iPhone yang diluncurkan di pasaran dipaket dengan desain elegan dan menyediakan aplikasi berbeda dari yang lain. Pengguna iPhone biasanya lebih mengutamakan status sosialnya.

Masih menurut Digital Trends, pengguna iPhone juga suka bermain, tetapi mereka ingin memamerkan sesuatu yang lebih. Mereka bahkan lebih mementingkan kualitas dan bersedia membayar mahal untuk hal yang disukainya.


2. Android

Ilustrasi Android
Ilustrasi Android (iStockPhoto)

Mengutip laman Digital Trends, smartphone Android cenderung selalu update secara teknis. Sebagian besar aplikasi yang tersedia adalah gratis, tetapi tidak mengutamakan privasi dan keamanan.

Pengguna smartphone Android kemungkinan paling 'geek' dalam hal teknologi. Jenis smartphone ini cocok digunakan oleh pengguna yang suka bermain-main dan mengutak-atik berbagai hal.


3. BlackBerry

Ilustrasi BlackBerry
Ilustrasi BlackBerry (Liputan6.com/Sangaji)

BlackBerry bisa dibilang sebagai smartphone yang paling baik dalam hal keamanan.

Maka tak heran, banyak perusahaan besar yang menggunakannya untuk aktivitas kerja. BlackBerry memiliki banyak fitur berguna--seperti fitur PDA--tetapi tidak menyediakan banyak aplikasi.

Pengguna BlackBerry rata-rata adalah pekerja kantoran. Mereka menyukai rasa aman dan percaya bahwa segala sesuatunya memiliki tempat dan harus ditaruh di tempat yang tepat.

Mereka kebanyakan memiliki karakter serius dan tidak suka bermain-main. Namun, bukan berarti mereka tidak memiliki smartphone lain selain BlackBerry untuk penggunaan non-profesional.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya