Tips Memilih Layanan Internet Agar WFH Makin Produktif

Berikut beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam memilih provider atau layanan internet untuk mendukung aktivitas WFH.

oleh Iskandar diperbarui 02 Okt 2020, 15:00 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2020, 15:00 WIB
Mengatur Jarak Pandang dari Komputer dan Gadget
Ilustrasi WFH Credit: pexels.com/Ekaterina

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 di Indonesia hampir menembus 300 ribu kasus. Hal ini memaksa sejumlah pemerintah kota maupun daerah kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Protokol kesehatan pun wajib dilakukan semua lapisan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari, guna mencegah penyebaran virus corona yang belum terbendung.

Salah satu yang menuntut kita agar tetap produktif adalah melalui work from home (WFH). Aktivitas yang satu ini sekarang menjadi budaya baru dan memerlukan sarana penunjang yang memadai yaitu jaringan internet.

Dengan kebutuhan koneksi data internet, terutama saat beraktivitas di rumah, diperlukan kecerdasan dalam memilih layanan internet.

Pemilihan provider internet yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan juga menentukan kenyamanan kita saat melakukan WFH.

Nah, berikut ini beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam memilih provider atau layanan internet untuk WFH, menurut WiFi Republic.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kecepatan

Ilustrasi Internet, Digital, Gaya Hidu Digital
Ilustrasi Internet, Digital, Gaya Hidu Digital. Kredit: Nattanan Kanchanaprat via Pixabay

Pastikan kecepatan yang kita butuhkan sesuai dengan yang disediakan oleh provider internet. Sebagai contoh, suatu provider memiliki kecepatan 20 Mbps dan kamu menggunakannya ke sejumlah gadget, maka speed 20 Mbps tersebut akan didistribusikan ke beberapa perangkat.

Ini bukan berarti kamu harus memilih provider yang menawarkan bandwidth paling besar. Dalam memilih layanan, kamu perlu mengetahui berapa besar kecepatan yang kamu butuhkan.

Stabilitas

Pastikan provider internet yang akan kita gunakan stabil di lokasi yang kita inginkan. Bayangkan jika kita di tengah virtual meeting, jaringan kita tiba tiba melambat karena tidak stabil.

Maka dari itu, jaringan yang stabil sangat penting agar meeting bisa selalu berjalan lancar.


Customer Service

BTS
BTS (wikimedia.org)

Pastikan juga kamu dapat menghubungi customer service dengan mudah dan lancar. Karena sejauh ini tidak ada jaringan internet yang 100 persen tanpa hambatan.

Pastikan customer service pada provider yang berkaitan mudah dihubungi dan benar-benar bisa membantu.

Setelah mengetahui faktor apa saja yang perlu diperhatikan, kita bisa memilih layanan internet yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Firman Raditya selaku CEO Wifi Republic mengatakan perushaan menyediakan kebutuhkan internet khusus bagi pelanggan yang membutuhkan internet cepat, stabil, dan mobilitas tinggi.

"Sebelumnya Wifi Republic sudah membuktikan diri menjadi penyedia jasa bagi para traveler yang membutuhkan internet stabil saat keluar negeri. Saat ini Wifi Republic memberikan internet cepat dengan jaringan stabil untuk kebutuhan WFH," ujar Firman melalui keterangannya.

Ia mengklaim, customer service Wifi Republic cepat tanggap 24 jam melayani customer dan pelayanan dilakukan oleh real human, bukan chat bot.

(Isk/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya