Cek, HP Android Versi Ini Tak Bisa Akses Google per 27 September 2021

HP Android versi ini harus mulai mempersiapkan diri karena Google akan mematikan aksesnya ke perangkat tersebut pada 27 September 2021.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 07 Sep 2021, 14:15 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2021, 14:15 WIB
Ilustrasi cara,mengetahui kata sandi, Gmail, Android
Ilustrasi Gmail di HP Android. (Photo by Solen Feyissa on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Mulai 27 September 2021, beberapa perangkat atau HP Android yang menjalankan Android 2.3.7 alias Gingerbread, tidak akan lagi bisa mengakses akun Google.

Hal ini membuat pengguna HP Android Gingerbread pun tidak akan bisa menggunakan produk dan layanan Google seperti Gmail, Youtube, dan Maps.

Dalam pernyataannya, seperti mengutip The Verge pada Selasa (7/9/2021), Google mengatakan hal itu dilakukan sebagai upaya berkelanjutan untuk menjaga keamanan pengguna.

"Google tidak akan lagi mengizinkan masuk di perangkat Android yang menjalankan Android 2.3.7 atau lebih rendah mulai 27 September 2021," kata mereka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kesalahan Saat Mencoba Login

Ilustrasi Email, Gmail. Kredit: gabrielle_cc via Pixabay
Ilustrasi Email, Gmail. Kredit: gabrielle_cc via Pixabay

Pengguna HP Android 2.3.7 pun akan menemukan kesalahan nama pengguna atau sandi apabila mencoba masuk ke Gmail atau Youtube di perangkat tersebut setelah 27 September.

Beberapa kasus serupa juga bisa menyebabkan kesalahan tersebut apabila pengguna melakukan reset pabrik pada perangkat dan mencoba masuk.

Kesalahan juga bisa terjadi saat mencoba mengubah kata sandi di perangkat atau perangkat lain, yang membuat Anda logout di tempat lain. Saat mencoba masuk lagi, Anda akan menerima pesan kesalahan.

Kesalahan juga bisa terjadi saat Anda mencoba menghapus akun dari perangkat atau menambahkan kembali, serta membuat akun di perangkat.


Sarankan Pengguna Perbarui Android

Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay
Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay

Google mengatakan, apabila Anda menggunakan Android 2.3.7 atau lebih lama pada batas waktu 27 September, pengguna masih bisa menggunakan beberapa layanan mereka lewat browser perangkat.

Beberapa versi Andorid lain di bawah Gingerbread adalah: Android 1.0, Android 1.1, Android Cupcake, Android Donut, Android Eclair, dan Android Froyo.

Sementara itu, perangkat Android 3.0 atau Honeycomb, masih bisa masuk ke akun Google. Sebagai informasi, Android sendiri sudah dirilis hampir 10 tahun yang lalu.

Dalam laman Community Android Help Google, Community Manager Zak Pollack pun menyarankan pengguna melakukan pembaruan apabila memiliki perangkat yang bisa melakukannya ke Android 3.0 atau di atasnya.

Untuk melihat HP Anda menggunakan versi Android yang mana, Anda bisa melihat informasinya di bagian "Setelan" atau "Settings" lalu masuk ke menu "About Phone" atau "Tentang Telepon."

Cara serupa juga bisa digunakan apabila Anda menggunakan perangkat lain seperti Tablet.

(Dio/Isk)


Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal
Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya