EA Sebut FIFA 23 Jadi Game FIFA Terlaris Saat Dirilis

FIFA 23 mencapai rekor 10,3 juta pemain yang melakukan login selama minggu pertamanya dirilis di pasar

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 17 Okt 2022, 07:30 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2022, 07:30 WIB
Trailer FIFA 23 (YouTube EA Sports FIFA)
Trailer FIFA 23 (YouTube EA Sports FIFA)

Liputan6.com, Jakarta - FIFA 23 tercatat sukses. Bahkan, game ini diklaim Electronic Arts (EA) sebagai peluncuran yang paling besar dalam sejarah waralaba game FIFA mereka.

"Respon dari penggemar kami sangat luar biasa, dan kami senang bahwa komunitas kami bermain dengan pemain dan tim favorit mereka di FIFA 23 dengan jumlah mencetak rekor," kata SVP General Manager EA Sports FC Nick Wlodyka.

Dalam keterangannya, seperti dikutip dari IGN Southeast Asia, FIFA 23 mencapai rekor 10,3 juta pemain yang melakukan login selama minggu pertamanya dirilis di pasar.

Nick dalam keterangannya menambahkan, EA nantinya juga akan menghadirkan Piala Dunia Pria dan Wanita, serta pembaruan menarik untuk konten sepak bola klub wanita dalam game.

"Kami baru saja mulai memberikan pengalaman paling otentik dan imersif kepada para pemain," ujarnya.

FIFA 23 sendiri menjadikan sepak bola wanita sebagai sesuatu yang penting dalam game. Bintang sepak bola wanita Chelsea, Sam Kerr, juga mejeng sebagai cover dari game ini.

Meski diklaim sukses, mengutip Gamerant, FIFA 23 tak lepas dari kritik dan ulasan negatif, yang menyebutkan adanya sejumlah masalah.

Keluhan misalnya soal sistem anti-cheat di game versi PC, kurangnya fitur di versi Nintendo Switch dibandingkan pendahulunya, serta jumlah microtransaction yang terus menerus dengan mode Ultimate Team.


Game Terakhir dengan Embel-Embel FIFA

Cover FIFA 23 Ultimate Edition (Dok. EA)
Cover FIFA 23 Ultimate Edition (Dok. EA)

FIFA 23 sendiri dikabarkan akan jadi judul terakhir dari game sepak bola besutan EA, yang menggunakan embel-embel nama "FIFA," setelah 30 tahun bekerja sama dengan FIFA yang namanya disematkan dalam waralaba tersebut.

Nantinya, judul untuk game sepak bola EA, mulai tahun depan, akan menggunakan nama EA Sports FC.

EA memilih menanggalkan brand FIFA, setelah federasi sepak bola dunia itu dilaporkan meminta USD 1 miliar setiap empat tahun hanya untuk nama.

CEO EA Andrew Wilson pun dikabarkan mengatakan, semua yang mereka dapat dari FIFA hanyalah "empat huruf di bagian depan boks."

FIFA 23 sendiri sudah rilis pada 30 September 2022 yang lalu untuk PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X/S, Stadia, dan Nintendo Switch.

 


Spesifikasi PC untuk FIFA 23

Rating Tertinggi Pemain Premier League
(Sumber: EA SPORTSâ„¢ FIFA 23)

Jika kamu ingin memainkan FIFA 23 melalui perangkat PC, Berikut persyaratan agar perangkatmu sanggup menjalankan game tersebut, seperti dikutip dari Steam.

Minimal

  • OS: Windows 10 64-bit
  • Processor: Intel Core i5 6600k atau AMD Ryzen 5 1600
  • Memory: 8 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti atau AMD Radeon RX 570
  • DirectX: Version 12
  • Penyimpanan: 100 GB ruang tersedia

Direkomendasikan

  • OS: Windows 10 64-bit
  • Processor: Intel Core i7 6700 atau AMD Ryzen 7 2700X
  • Memory: 12 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA GeForce GTX 1660 atau AMD Radeon RX 5600 XT
  • DirectX: Version 12
  • Penyimpanan: 100 GB ruang tersedia 

Ted Lasso dan AFC Richmond di FIFA 23

FIFA 23
Penampilan Ted Lasso dan klub AFC Richmond dalam game FIFA 23. (Dok: FIFA 23).

Sebelumnya, EA juga mengumumkan Ted Lasso bersama AFC Richmond akan menjadi bagian dalam FIFA 23.

Dikutip dari situs resmi IGN, Kamis (22/9/2022), karakter Ted Lasso yang diperankan Jason Sudeikis bisa dimainkan sebagai manager di Career Mode. Sementara AFC Richmond tersedia untuk Career Mode, Kickoff, Online Friendlies, dan Online Seasons.

Menurut EA, konten terkait AFC Richmond akan hadir di FIFA 23 termasuk di antaranya seragam, tifo (pendukung tim), hingga item manager. Beberapa konten juga tersedia untuk di-unlock dalam FIFA Ultimate Team dan Pro Clubs.

Kendati demikian, AFC Richmond tidak bisa diakses melalui menu Premier League di mode Kickoff, Online Friendlies, maupun Online Seasons. Klub ini tersedia di bagian klub Rest of the World.

EA memastikan sejumlah karakter populer dari serial Ted Lasso, seperti Roy Kent, Jamie Tartt, Sam Obisanya, hingga Dani Rojas akan menjadi bagian dari klub AFC Richmond. Begitu juga dengan stadion kandang klub ini, yakni Nelson Road.

"Saya benar-benar beruntung, dan sangat bersyukur memiliki banyak momen spesial dalam karir saya sejauh ini, dan saya menganggap pengalaman ini merupakan salah satu yang terbaik," tutur Jason dalam pernyataannya.

Jason menuturkan sebagai fans game FIFA sejak lama, hadirnya Ted Lasso dan AFC Richmond dalam game tersebut menjadi mimpi menjadi kenyataan. Tidak hanya bagi dirinya, tapi juga seluruh kru dan pemain.

(Dio/Isk)

Infografis 5 Poin Pengganti Sanksi FIFA untuk Indonesia Pasca-Tragedi Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Poin Pengganti Sanksi FIFA untuk Indonesia Pasca-Tragedi Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya