Smartfren, Perusahaan Teknologi Pertama yang Kemas Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan dengan Teknologi AI

Perjalanan itu dikisahkan dalam sebuah video animasi dengan teknologi (Artificial Intelligence) AI sepenuhnya berdurasi empat empat menit empat detik yang dibuat oleh Smartfren.

oleh stella maris pada 17 Agu 2023, 15:23 WIB
Diperbarui 17 Agu 2023, 15:29 WIB
Smartfren
Smartfren, Perusahaan Teknologi Pertama yang Kemas Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan dengan Teknologi AI/Istimewa.

Liputan6.com, Jakarta Detik-detik proklamasi menjadi peristiwa penting yang membuat bangsa Indonesia dapat mengakhiri masa penjajahan. Ya, tepat di hari ini, Indonesia merdeka dari para penjajah selama 78 tahun. 

Dalam sejarahnya, dua kota di Jepang yang di bom oleh Sekutu. Dua kota itu adalah Hiroshima (6 Agustus 1945) dan Nagasaki (9 Agustus 1945). Kemudian pada 15 Agustus 1945, Jepang pun menyerah kepada Sekutu. 

Mendengar berita kekalahan tersebut, sebagian besar kelompok pemuda di Jakarta menginginkan kemerdekaan selekas mungkin. Sutan Syahrir yang mendengar berita tersebut melalui siaran radio Amerika menyampaikannya ke golongan pemuda lain. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Smartfren
Smartfren, Perusahaan Teknologi Pertama yang Kemas Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan dengan Teknologi AI/Istimewa.

Kemudian Subadio Sastrosatomo dan Subianto langsung menemui Mohammad Hatta. Dalam rapat, para pemuda meminta Soekarno membacakan proklamasi pada 16 Agustus 1945, namun usulan itu ditolak Soekarno karena dinilai terlalu tergesa-gesa. 

Keputusan ditolak, Mohammad Hatta dan Soekarno diasingkan ke Rengasdengklok di Jawa Barat. Dalam proses yang singkat, naskah proklamasi pun dibuat oleh Ahmad Soebardjo dan diketik oleh Sayuti Melik. 

Smartfren
Smartfren, Perusahaan Teknologi Pertama yang Kemas Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan dengan Teknologi AI/Istimewa.

Sambil menunggu naskah proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik rampung, Fatmawati menjahit sendiri bendera merah putih untuk dikibarkan di Lapangan Ikada (saat ini di lapangan Monas) pada 17 Agustus 1945. Pada pukul 10.00 WIB, Soekarno didampingi Mohammad Hatta pun mengumumkan proklamasi kemerdekaan RI. 

Ya, setiap detiknya merupakan pergerakan penting para pemuda dan tokoh pemimpin yang mengupayakan terjadinya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Perjalanan itu dikisahkan dalam sebuah video animasi dengan teknologi (Artificial Intelligence) AI sepenuhnya. Peristiwa proklamasi kemerdekaan yang dikemas dalam video animasi berdurasi empat empat menit empat detik itu dibuat oleh Smartfren.


Cek Video Aminasinya di Sini

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya