Pengguna WhatsApp di iPhone Bisa Bikin Stiker Sendiri, Begini Caranya

Setelah hadir untuk WhatsApp Web, WhatsApp kini menggulirkan fitur Sticker Maker alias pembuat stiker di iPhone. Dengan begitu, pengguna WhatsApp iPhone bisa membuat stiker mereka sendiri, cek di sini caranya.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 12 Jan 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi: Fitur Sticker Maker WhatsApp di perangkat iPhone dengan iOS 17 ke atas
Ilustrasi: Fitur Sticker Maker WhatsApp di perangkat iPhone dengan iOS 17 ke atas (Foto: WhatsApp).

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna WhatsApp di iPhone sudah bisa membuat, mengedit, dan membagikan stiker hasil buatannya di aplikasi WhatsApp, mulai hari ini, Jumat (12/1/2024).

Adapun fitur Sticker Maker ini sudah diperkenalkan di WhatsApp Web. Sementara untuk iPhone, fitur ini akan segera hadir di perangkat yang menjalankan iOS 17 ke atas.

"Pengguna dengan versi iOS lebih lama masih bisa mengedit stiker yang sudah ada, namun tidak dapat membuat stiker baru," kata WhatsApp.

Lewat Stiker Maker ini, pengguna bisa mengubah foto diri mereka menjadi stiker atau mempersonalisasi stiker yang sudah ada dengan cepat untuk membuat chatting menjadi lebih seru atau meramaikan suasana grup.

Dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, pengguna WhatsApp iPhone bisa membuat stiker sendiri tanpa harus melakukan drag and drop gambar dari galeri atau memakai aplikasi pihak ketiga.

Pengguna dapat terus terproteksi oleh keamanan enkripsi end-to-end milik WhatsApp ketika membuat stiker di platform ini.

"Pembuatan stiker WhatsApp menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan fungsi pemotong otomatis dan berbagai alat edit," kata WhatsApp dalam keterangannya.

Adapun alat pengedit-an tersebut mulai dari teks dan gambar, hingga kemampuan menempatkan stiker di atas stiker lainnya.

Setelah terkirim, stiker secara otomatis tersimpan di daftar stiker, sehingga pengguna bisa mengirimkannya kembali kapan saja mereka mau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Stiker WhatsApp di iPhone

Ilustrasi: Fitur Sticker Maker WhatsApp di perangkat iPhone dengan iOS 17 ke atas (Foto: WhatsApp).
Ilustrasi: Fitur Sticker Maker WhatsApp di perangkat iPhone dengan iOS 17 ke atas (Foto: WhatsApp).

Cara membuat stiker dari sebuah gambar:

  • Buka daftar stiker dengan memilih ikon stiker di sebelah kanan kotak teks
  • Pilih ‘buat stiker’ dan pilih gambar dari galeri Anda
  • Sesuaikan stiker Anda dengan memilih potongan dan menambahkan teks, stiker lain, atau gambar di atasnya
  • Kirim!

Cara Edit Stiker yang Sudah Ada:

  • Buka daftar stiker dan dengan memilih ikon stiker di sebelah kanan kotak teks
  • Tekan lama stiker yang ingin Anda edit, dan pilih ‘edit stiker’
  • Sesuaikan stiker Anda dengan menambahkan teks, stiker lain, atau gambar di atasnya
  • Kirim!

Cara Atasi Pesan Tak Diterima di WhatsApp

Ilustrasi Logo WhatsApp
Ilustrasi logo aplikasi WhatsApp dalam 3D. (unsplash/Mariia Shalabaieva)

Berikut adalah hal yang perlu kamu cek ketika WhatsApp Web tak bisa terima pesan.

1. Koneksi Komputer atau Laptop

  • WhatsApp menyarankan agar pengguna memakai koneksi internet yang kuat dan stabil untuk memakai WhatsApp Web versi Desktop. Berikut cara mengecek koneksi internet di laptop kamu:
  • Buka WhatsApp Web atau aplikasi WhatsApp Desktop. Jika kamu melihat banner kuning dengan tulisan error "Komputer tidak terhubung" cek untuk memastikan koneksi internet dalam kondisi aktif.
  • Jika koneksi internet bekerja dengan normal tetapi kamu tetap tak bisa mengirim atau menerima pesan, refresh laman WhatsApp Web. Atau, kamu juga bisa keluar dari WhatsApp Web (lalu masuk lagi) atau me-Restart aplikasi WhatsApp di Desktop.
  • Jika masalah masih terjadi, coba logout dan login kembali ke WhatsApp Web atau aplikasi WhatsApp di Desktop.
  • Untuk WhatsApp Web, pengguna juga perlu memastikan bahwa mereka menggunakan versi terbaru dari browser, entah itu Google Chrome, Firefox, Microsoft Edge, Opera, atau Safari. Sementara, WhatsApp Web tidak didukung untuk penggunaan di Internet Explorer.

3. Cek Koneksi WiFi

WhatsApp
WhatsApp Web akan kehadiran fitur privasi baru yang menghubungkan fitur keamanan biometrik pada perangkat smartphone (Foto: WhatsApp)

Pengguna mungkin memakai koneksi WiFi untuk internet, mulai dari di kantor, perpustakaan, kampus, di mana jaringan internet tersebut mungkin diatur untuk membatasi koneksi ke WhatsApp. Kamu perlu memastikan hal ini.

Jika kamu menyadari kamu terhubung dengan jaringan WiFi yang melarang WhatsApp bekerja, pastikan koneksi bisa mem-bypass trafik ke web.whatsapp.com atau .whatsapp.net.

Kalau tak bisa juga, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk pakai WiFi tethering dari smartphone kamu agar bisa terhubung ke WhatsApp Web di laptop.

Infografis Cek Fakta
Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya