YouTube Permudah Pengguna untuk Berbagi Video Momen Lebih Spesifik

YouTube membuat berbagi momen spesifik dalam video jadi lebih gampang, tinggal tap.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 29 Agu 2024, 16:08 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 13:00 WIB
YouTube
YouTube mengumumkan sejumlah perubahan tampilan dan fitur baru di aplikasinya. (Dok: YouTube)

Liputan6.com, Jakarta - Jika sebelumnya kamu masih harus ngedit URL video secara manual untuk share bagian spesifik, kini aplikasi YouTube di ponsel otomatis menambahkan timestamp saat kamu berbagi video, langsung pada momen yang ingin kamu tunjukkin ke orang lain.

Walaupun begitu, fitur baru ini belum sempurna. Kamu belum bisa mengetikkan timestamp secara manual, di mana aplikasi hanya akan berbagi dari titik waktu yang sedang kamu tonton.

Jika ingin lebih presisi, kamu harus menggeser timeline video hingga menemukan momen yang dicari. Tapi tetap, ini merupakan peningkatan besar dibanding cara lama.

Dikutip dari PhoneArena, Rabu (28/8/2024), fitur ini belum tersedia untuk semua pengguna. Jadi, jika belum muncul di aplikasi kamu, coba untuk update aplikasi YouTube dan bersihkan cache.

Ini mungkin hanya pembaruan kecil, tapi sangat berarti dalam membuat YouTube di ponsel semakin ramah pengguna.

Kini, berbagi momen spesifik dalam video entah itu cuplikan lucu, informasi penting, atau bagian yang ingin kamu orbrolkan, semudah beberapa kali tap aja.

Fitur baru ini sangat berguna untuk konten edukasi, tutorial, dan video panjang, di mana hanya segmen tertentu yang lebih relevan daripapa keseluruhan video.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fitur ini Berguna Bagi Beberapa Konten

Ilustrasi YouTube, Aplikasi YouTube
Ilustrasi YouTube, Aplikasi YouTube. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Bagi para kreator, ini menjadi peluang lebih besar untuk engagement, karena penonton bisa dengan mudah berbagi dan mendiskusikan bagian spesifik dari konten mereka.

Untuk yang masih lebih suka cara lama atau membutuhkan kontrol lebih atas timestamp, mengedit URL secara manual tetap menjadi pilihan.

Fleksibilitas ini memastikan bahwa baik pengguna biasa maupun yang membutuhkan kontrol lebih rinci bisa memaksimalkan fitur ini.

Baik sebagai seorang penonton santai atau kreator konten, fitur baru ini berbagi timestamp di YouTube mobile adalah tambahan yang disambut baik dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Baik kamu seorang penonton santai atau kreator konten, fitur baru berbagi timestamp di YouTube mobile ini adalah tambahan yang disambut baik dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.


YouTube Uji Coba Fitur Baru, Pengguna Premium Bisa Matikan Video Secara Otomatis

Ilustrasi Aplikasi YouTube
Ilustrasi Aplikasi YouTube (Szabó Viktor on Pexels)

Sebelum itu, YouTube dilaporkan sedang menjajal fitur sleep timer. Mengutip informasi dari Tech Crunch, Senin (12/8/2024), seperti namanya, fitur sleep timer di YouTube akan memungkinkan pengguna untuk mematikan pemutaran video secara otomatis setelah durasi tertentu.

Meski terkesan sederhana, fitur ini disebut akan sangat bermanfaat, terutama bagi mereka yang kerap ditemani konten YouTube ketika sedang tidur. Sebab, mereka bisa mengatur secara otomatis kapan pemutaran video dihentikan, apabila mereka tertidur.

Pengguna YouTube Premium tinggal mengakses menu Settings di aplikasi mobile, kemudian pilih opsi Try experimental new features.

Setelah aktif, opsi sleep timer akan muncul pada menu Settings di pemutar video. Pengguna dapat mengatur durasi henti otomatis antara 10 menit, 15 menit, 20 menit, 30 menit, 45 menit, 60 menit, atau ketika video berakhir.

Mengingat ini masih sebatas uji coba, YouTube menyebut kalau fitur sleep timer hanya akan tersedia hingga 2 September 2024. Karenanya, belum diketahui apakah fitur ini akan memperluas fitur ini ke pengguna lain di masa depan.

Kehadiran fitur sleep timer di YouTube sendiri sebenarnya sedikit telat dibandingkan aplikasi lain. Sebagai contoh, Spotify sudah menghadirkan fitur serupa untuk para penggunanya sejak beberapa waktu lalu. 


Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya