Apple Akan Hentikan Produksi iPhone 5?

Salah satu alasan penghentian produksi tersebut adalah besarnya biaya pembuatan layar berteknologi in-cell display yang diadopsi iPhone 5.

oleh Adhi Maulana diperbarui 28 Jul 2013, 12:12 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2013, 12:12 WIB
iphone-5-130728b.jpg
Seiring dengan semakin santernya beredar kabar kehadiran smartphone generasi terbaru iPhone 5S dan iPhone murah atau iPhone Lite, Apple justru dirumorkan akan segera menghentikan produksi iPhone 5 per Semptember 2013 mendatang.

Dilansir laman Apple Insider, Minggu (28/7/2013), rumor ini pertama kali dihembuskan oleh situs berita asal Korea Selatan, ETNews. Pada lamannya disebutkan bahwa salah satu alasan penghentian produksi tersebut adalah besarnya biaya pembuatan layar berteknologi in-cell display yang diadopsi oleh iPhone 5.

Selain kendala pembuatan layar, banyak pengamat yang meyakini jika penghentian produksi iPhone 5 sangat berkaitan erat dengan kabar kemunculan dua seri iPhone generasi terbaru, iPhone 5S dan iPhone Lite.

Mereka melihat adanya kemungkinan perusahaan pimpinan Tim Cook itu akan segera menarik seri iPhone 4 dan iPhone 4S dari pasaran. Sebagai gantinya, Apple akan menurunkan banderol dari iPhone 5 dan menempatkannya di segmen menengah.

Setelah itu akan tercipta klasifikasi seri iPhone di pasaran. Segmen atas akan diisi iPhone 5S, menengah untuk iPhone 5, dan segmen bawah ditempati oleh iPhone Lite.

Bila benar terjadi, strategi bisnis seperti ini merupakan hal yang baru bagi Apple. Berbeda dengan kebanyakan produsen smartphone lain yang selalu menghadirkan produk untuk berbagai segmen, Apple selama ini dikenal cukup prestige dengan hanya menyasar segmen premium. (dhi/dew)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya