Salah Pasang Harga, Pre-Order Xperia Z1 di Rakuten Ricuh

Kesalahan pemasangan harga ini menimbulkan kericuhan di beberapa pelanggan yang sudah melakukan pre-order Xperia Z1.

oleh Liputan6 diperbarui 17 Okt 2013, 15:50 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2013, 15:50 WIB
xperia-z1-po-131017b.jpg

Sejumlah situs belanja online sudah membuka pre-order bagi yang ingin memesan smartphone anti air Sony Xperia Z1, Rakuten Indonesia salah satunya. Rakuten bekerjasama dengan Electronic Solution membuka pre-order melalui situs resmi mereka.

Namun sebuah 'insiden kecil' tak sengaja terjadi. Terdapat kesalahan informasi yang dipajang di situs e-commerce Rakuten. Situs tersebut memasang harga Rp 7,499 juta dengan bonus ongkos kirim gratis. Harga yang dipajang tersebut lebih murah Rp 1 juta daripada harga normal.

Celakanya harga yang dipajang ternyata salah. Rakuten seharusnya memasang harga Rp 7,999 juta, bukan Rp 7,499 juta seperti yang ditampilkan. Menyadari hal ini, pihak Electronic Solution mengirimkan email kepada para pemesan bahwa ada kesalahan penawaran harga.

Kesalahan ini menimbulkan kericuhan di beberapa pelanggan yang sudah melakukan pre-order Xperia Z1. Kepada tim Tekno Liputan6.com, salah seorang pemesan mengklaim situs online asal Jepang itu tidak profesional. 

Pre-order Xperia Z1 sendiri dibuka sejak 10 Oktober lalu dengan harga Rp 7.499.000. Menurut sumber tersebut, pada tanggal 16 Okober 2013 ia mendapatkan email dari Electronic Solution yang menyatakan bahwa telah terjadi kesalahan harga.

"Setelah membaca email itu, saya langsung menelepon customer service (CS) Rakuten. Pihak Rakuten membenarkan hal tersebut. Dan saya memutuskan untuk membatalkan order, dan meminta uang saya dikembalikan untuk melakukan pre-order ke situs belanja online lain yang lebih profesional," kata Agus Hartono melalui surat pembaca yang dimuat di Kompas.

Lebih lanjut, sumber tersebut menambahkan bahwa ia mendapatkan email yang kedua kalinya dari Electronic Solution, yang isinya menyatakan bahwa pemesanan produknya akan diproses sesuai dengan harga yang telah dibayar. Meski demikan, ia besikukuh membatalkan ordernya.

Menurut informasi dari pihak Rakuten, refund akan dilakukan dalam waktu maksimal 10 hari. (dew)

 

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya