4 Jam Jelang Pembukaan Asian Games 2018, Lalu Lintas Mulai Padat

Upacara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung pukul 19.00 WIB.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 18 Agu 2018, 15:45 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2018, 15:45 WIB
Pembukaan Asian Games
Kendaraan merayap di Jalan Jenderal Sudirman jelang pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2018). (Liputan6.com/Ahmad Fawwaz Usman)

Liputan6.com, Jakarta - Upacara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (18/8/2018). Kerumunan di sekitaran Senayan telah terlihat sejak pukul 15.00 WIB.

Sejatinya, rangkaian acara upacara pembukaan Asian Games 2018 baru digelar pada pukul 19.00 WIB. Namun, suasana di sekitar GBK sudah menunjukkan antusiasme masyarakat yang ingin melihat momen bersejarah hari ini.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, lalu lintas di Jalan Sudirman depan FX mulai terlihat padat. Untuk menciptakan kelancaran selama upacara pembukaan, Inasgoc sudah bekerja sama untuk rekayasa lalu lintas.

Kepolisian Daerah Metro Jaya telah menutup beberapa ruas jala, yaity Jalan Asia Afrika, Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Senayan dan Jalan Sudirman jalur ke utara. Untuk yang ingin masuk dari Jalan Sudirman, pengunjung harus turun dari depan FX.

Antrian pun mulai terlihat dari pintu masuk GBK di depan Hotel Century. Jika masuk lewat pintu tersebut, pengunjung akan langsung dihadapkan pada berbagai booth produk yang terlibat dalam pembukaan Asian Games 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dibuka Jokowi

Pembukaan Asian Games
Masyarakat memadati kawasan Gelora Bung Karno jelang pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018). (Liputan6.com/Ahmad Fawwaz Usman)

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo direncanakan akan hadir dan membuka perhelatan olahraga yang diikuti 45 negara di Asia tersebut. Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al Fahda Al Sabah dan Ketua Inasgoc, Erick Thohir turut mendampingi Jokowi dalam menyambut para peserta dalam upacara pembukaan.

Pembukaan Asian Games 2018 menampilkan panggung terbesar yang pernah ada dalam upacara pembukaan ajang multi-event. Dengan berat total 600 ton dan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter, panggung tersebut akan menjadi latar saat 6.000 atlet dan ofisial dari seluruh kontingen berparade dibawah bendera kebanggaan negaranya.

Saat parade, akan ada 44 negara yang tampil dikarenakan Republik Korea dan Republik Rakyat Demokratik Korea akan berada dalam satu bendera, yakni Korea (bersatu). Dalam parade tersebut, setiap negara akan dipimpin pembawa papan nama negara yang memakai busana bernuansa burung Garuda yang dirancang oleh Dynand Fariz, pendiri Jember Fashion Carnival.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya