SBY Bakal Umumkan Pengganti Jero Wacik Pekan Ini

Menko Perekonomian, Chairul Tanjung mengakui, belum ada pengganti menteri ESDM Jero Wacik buat pembahasan RAPBN dengan komisi VII mundur.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 09 Sep 2014, 18:30 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2014, 18:30 WIB
SBY 2
(ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Liputan6.com, Jakarta - Penetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik sebagai tersangka kasus korupsi membuat agenda rapat pembahasan asumsi RAPBN 2015 khususnya terkait lifting migas dengan DPR berantakan. Padahal Komisi VII dan Badan Anggaran DPR harus segera merampungkan pembahasan tersebut.

Hal ini diakui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung (CT) mengungkapkan, pihaknya mendapatkan desakan dari Banggar agar Presiden segera menunjuk pengganti Jero Wacik.

"Tadi di rapat, saya diingatkan Banggar, karena ada hambatan dalam pembahasan RAPBN 2015 dengan Komisi VII karena belum menyelesaikan asumsi lifting, kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, subsidi listrik," tutur dia saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Akibatnya, kata CT, Banggar belum bisa masuk lebih dalam kepada pembahasan selanjutnya mengingat belum ada kesepakatan apapun mengenai asumsi yang berkaitan dengan energi.

Untuk itu, dia mengaku, bakal segera menyampaikan keluhan tersebut kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar mempercepat penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) terkait pengganti Jero Wacik.

"Malam ini saya akan sampaikan ke Pak SBY agar mempercepat penerbitan Keppres dan segera menetapkan menteri ad interim supaya permasalahan ini bisa selesai," lanjutnya.

Soal peluang pengganti Jero apakah dirinya atau orang lain, CT mengaku belum tahu. Namun, dia memastikan Presiden segera mengumumkan pengganti Jero Wacik yang tersandung kasus korupsi.

"Belum tahu, kita tunggu saja Keppres yang akan dikeluarkan. Nama pengganti seharusnya minggu ini, karena hari Senin depan pukul 10-12 WIB itu ada jadwal pembahasan asumsi dengan Komisi VII. Lalu setelah itu, rapat dilanjutkan dengan Banggar dan Menteri ESDM baru," pungkas CT. (Fik/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya