RI Punya Pembangkit Listrik dari Kincir Angin

Kini Indonesia memiliki pembangkit listrik dari kincir angin yang berada di desa Maubakul, Nusa Tenggara Timur.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 06 Okt 2014, 19:00 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2014, 19:00 WIB
Dahlan iskan
Dahlan Iskan (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Tak kalah dengan Belanda, Indonesia kini memiliki pembangkit listrik dari kincir angin. Lokasi pembangkit listrik itu dinamakan taman listrik tenaga angin yang berada di desa Maubakul, Waingapu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kemarin, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengunjungi lokasi tersebut. Ia menceritakan, pembangkit listrik itu satu hal yang kreatif dan jenius mengingat masih banyak wilayah di Indonesia terutama pedalaman masih kekurangan listrik.

"Taman listrik tenaga angin ini ciptaan Ricky Elson, si putra petir yang saya panggil pulang dari tempatnya bekerja selama 14 tahun di Jepang," kata Dahlan, Senin (6/10/2014).

Mantan Direktur Utama PLN ini menuturkan, kincir angin tersebut baling-balingnya terbuat dari kayu pinus yang dibuat anak didik Ricky di Lumajang, Jawa Timur dan baterainya dari produksi dalam negeri Nippres dengan sumbangan CSR dari Pertamina.

Ini menjadi salah satu solusi yang diinginkan Dahlan untuk mengembangkan tenaga listrik selain menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan memiliki biaya yang tidak mahal. Salah satu solusinya dengan pembangkit listrik dari kincir angin.

"‎Keunggulan ciptaan Ricky adalah sudah menghasilkan listrik pada kecepatan angin 3 meter/detik, rumah satu kampung terpencil sudah berlistrik," kata Dahlan. (Yas/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya