4 Orang Tua Paling Berpengaruh di Dunia

Survei Forbes bertajuk 'World’s 72 Most Powerful People', berhasil menemukan orang berusia lanjut yang memiliki pengaruh besar di dunia

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 06 Nov 2014, 22:20 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2014, 22:20 WIB
warren buffett
warren buffett

Liputan6.com, New York - Usia tak menjadi patokan seseorang untuk berhenti melakukan berbagai hal besar yang berdampak sangat luas pada penduduk global.

Buktinya, survei Forbes bertajuk 'World’s 72 Most Powerful People', berhasil menemukan sejumlah orang berusia lanjut yang memiliki pengaruh besar di dunia.

Mengutip laman Forbes, Kamis (6/11/2014) terdapat lima orang dengan usia paling tua yang ternyata menjadi bagian dari jajaran orang paling berpengaruh di dunia.

Orang paling berpengaruh tertua di dunia adalah Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz Al Saud yang kini berusia 90 tahun.

Untuk diketahui, setiap tahun Forbes meluncurkan 72 nama orang paling berpengaruh di dunia. Ke-72 nama tersebut diambil dengan perhitungan satu dari setiap 100 juta penduduk bumi.

Survei dilakukan dengan mengukur sumber daya finansial, jangkauan kekuasaannya, cara menggunakan kekuasaan dan berapa banyak orang yang terkena dampak dari kekuasaannya.

Selain itu penyusunan peringkat juga didasarkan pada bagaimana seseorang dapat menggerakkan masyarakat, pasar, tentara hingga pikiran penduduk dunia.

Berikut orang paling berpengaruh di dunia dengan usia tertua:

1. Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz Al Saudi

Usia: 90 tahun

Negara: Arab Saudi

Ayah dari 22 anak ini telah berjasa menyumbangkan dana sebesar US$ 60 miliar untuk pelebaran Masjidil Haram yang dapat meningkatkan kapasitas ruang ibadah bagi para jemaah haji. Di bawah kepemimpinannya Arab Saudi menjadi eksportir minyak terbesar ke dua di dunia.

Wanita di negaranya tidak diperbolehkan meninggalkan rumah tanpa izin suami atau pria lain. Selain itu juga mendapatkan hak untuk mengeluarkan pendapat pertama kali.

2.Li Ka-Shing

Usia: 86 tahun

Negara: Hong Kong

Salah satu pembangun kerajaan bisnis terbesar adala Li Ka-Shing melalui perusahaannya, Cheung Kong. Melalui perusahaannya Li kini telah mempekerjakan 280 ribu orang di 52 negara.

Itu juga berhasil membuatnya menjadi orang terkaya di Asia. Siapa sangka, dulunya Li ternyata hidup sangat susah. Dia bahkan sudah bekerja di pabrik setelah keluar sekolah pada usia 12 tahun karena tak punya cuku uang untuk hidup.

3. Warren Buffett

Usia: 84 tahun

Negara: Amerika serikat

Di usia 84 tahun, Buffett masih menjadi investor paling handal di dunia dan terkenal karena profesionalitas dan aksi dermawannya. Pria terkaya kedua di AS ini memang telah mendonasikan harga hingga miliaran dolar.

Dia pernah menyumbangkan harta perusahaan Berkshire senilai US$ 2,8 miliar untuk anak-anak tak mampu. Dia juga bergabung dengan Gates Foundation untuk aktif menyumbangkan hartanya.

4. Rupert Murdoch

Usia: 83 tahun

Negara: Amerika Serikat

Rupert Murdoch juga pria lain yang memiliki kerajaan bisnis besar di dunia. Dirinya mengelola 120 surat kabar di sedikitnya lima negara dan juga merupakan pemilik jaringan besar Fox di Amerika Serikat, Eropa, Amerika Latin, Afrika dan Asia.

Dia juga merajai 21 Century Fox dan penerbit buku HarperCollins dan perusahaan penyiaran.(Sis/Nrm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya